Analisa Tingkat Pengetahuan dan Kepatuhan Hukum Kemanusiaan Internasional melalui Game Simulasi Militer

Hokianto, William (2020) Analisa Tingkat Pengetahuan dan Kepatuhan Hukum Kemanusiaan Internasional melalui Game Simulasi Militer. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (927kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (141kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (477kB)

Abstract

Hukum kemanusiaan internasional dalam konflik bersenjata yang sebagian besar isinya berasal dari hasil Konvensi Jenewa merupakan hukum yang digunakan untuk melindungi hak asasi manusia saat terjadi konflik bersenjata. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Komite Palang Merah Internasional, Video game yang kini populer di masyarakat khususnya pada genre militer seringkali mengabaikan atau bertentangan dengan aspek hukum internasional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan hukum internasional serta hubungannya terhadap tingkat kepatuhan hukum internasional dalam konflik bersenjata melalui skenario pada video game simulasi militer. Scenario-Based framework merupakan metode yang digunakan untuk mengembangkan skenario game. Skenario dikembangkan menggunakan editor dalam video game ARMA 3 dan dibuat agar dapat menggambarkan situasi konflik bersenjata dimana responden akan mengambil suatu tindakan yang hasil dari tindakan tersebut mencerminkan tingkat kepatuhan responden terhadap hukum internasional. Setiap responden memperoleh 2 jenis skor yaitu skor pengetahuan yang diperoleh dari mengisi kuesioner dan skor kepatuhan yang diperoleh dari hasil menjalankan skenario di game. Skor dibagi kedalam 12 parameter yang berhubungan dengan aspek hukum internasional dalam konflik bersenjata. Setelah 2 jenis skor tersebut diperoleh, analisis dilakukan untuk mengetahui apakah tingkat pengetahuan responden berpengaruh terhadap tingkat kepatuhannya. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan dan kepatuhan responden sangat tinggi secara menyeluruh. Dari hasil analisis perbandingan skor menunjukan bahwa hanya 10 parameter yang memiliki tingkat pengetahuan yang berpengaruh dengan tingkat kepatuhannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Hukum Internasional, Skenario, Video Game
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.17 Social Psychoanalysis
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 11:32
Last Modified: 03 Aug 2023 07:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13115

Actions (login required)

View Item View Item