Implementasi Algoritma Apriori untuk Bundling Produk Penjualan (Studi Kasus : Toko Pakaian Anak Anakbayiku)

Hansel, Jeremy (2020) Implementasi Algoritma Apriori untuk Bundling Produk Penjualan (Studi Kasus : Toko Pakaian Anak Anakbayiku). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (520kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (961kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (876kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (117kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (803kB)

Abstract

Dalam dunia usaha, ada berbagai teknik untuk meningkatkan penjualan produk. Salah satunya adalah teknik bundling produk. Bundling produk merupakan kumpulan dari beberapa produk yang dijual menjadi satu kesatuan. Permasalahan yang terjadi yaitu adalah sulitnya menentukan isi dari bundle tersebut. Masih banyaknya penjual yang melakukan bundling produk dengan cara manual. Dalam pengerjaan skripsi ini, metode algoritma Apriori digunakan untuk melakukan pengolahan data. Algoritma Apriori akan menghasilkan nilai akhir berupa nilai support, confidence, dan lift. Nilai akhir tersebut hasilnya berbeda di setiap produk yang dikombinasikan, lalu digunakan sebagai acuan untuk menentukan produk mana yang akan dilakukan bundling. Pengujian website dilakukan empat kali dengan metode white box untuk memastikan alur program berjalan 100%. Website dievaluasi dengan USE Questionnaire dengan hasil pada aspek usefulness 90.5%, ease of use 92.8%, ease of learning 94%, dan satisfication 87.42%. Dari semua hasil menunjukan sangat setuju dalam kategori pada evaluasi USE Questionnaire. Lift ratio digunakan untuk mengevaluasi algoritma Apriori. Dari hasil pengujian, lift ratio yang dihasilkan memiliki nilai 7.57. Jika nilainya >= 1 maka lift ratio bernilai sah atau memiliki kekuatan akan aturan asosiasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Apriori, confidence, lift, support
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 10:46
Last Modified: 24 Aug 2023 05:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13179

Actions (login required)

View Item View Item