Perbandingan Persepsi Tingkat Faktualitas Informasi Gabion pada Media Sosial Instagram dan cekfakta.com di Kalangan Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara

Marcellino, Yeremia (2020) Perbandingan Persepsi Tingkat Faktualitas Informasi Gabion pada Media Sosial Instagram dan cekfakta.com di Kalangan Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (334kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (410kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (146kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan media menjadi hal yang memudahkan masyarakat dalam mendapatkan sebuah informasi dengan cepat dan mudah. Penggunaan internet yang membuat mudahnya pengaksesan informasi menjadi lebih mudah. Karena kemudahan yang diberikan oleh media, dapak yang ditimbulkan adalah munculnya berita bohong. Informasi bohong ini menyebar melalui media, khususnya media sosial. Media sosial yang seharusnya menjadi tempat untuk berbagi dan melakukan hubungan sosial menjadi tempat penyebaran berita bohong. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah ada perbandingan tingkat kepercayaan faktualitas informasi “instalasi gabion” di media sosial instagram dan cekfakta.com pada mahasiswa universitas multimedia nusantara. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan sifat deskriptif serta menggunakan metode survei dan menggunakan angket sebagai alat untuk pengumpulan data yang diberikan kepada responden. Survei ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara dengan jumlah 40 orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori informasi masyarakat dan konsep yang digunakan adalah media sosial, post truth, faktualitas dan fact checking. Setelah melakukan penelitian dan mendapatkan data, kemudian peneliti menggambarkan data yang didapat dengan menggunakanperangkat lunak SPSS. Hasil penelitian yang dapat dipaparkan adalah pertama, perbandingan faktualitas informasi antara media sosial instagram dan cekfakta.com memiliki perbedaan yang terlihat pada nilai rata-rata informasi dari cekfakta.com lebih besar daripada nilai rata-rata pada media sosial menurut data yang diperoleh dari reponden. Kedua, dilihat secara statistik, nilai signifikansi lebih kecil daripada nilai yang ditentukan. Dari data yang diperoleh melalui jawaban responden, menunjukan bahwa hasil jawaban responden memiliki perbedaan antara faktualitas informasi “instalasi gabion” pada media sosial instagram dengan cekfakta.com. Faktualitas informasi menurut responden adalah efek yang membuat responden menjadi percaya akan informasi tersebut. Kemudian, tingkat kepercayaan informasi diukur dengan menentukan skala. Tingkat kepercayaan informasi media sosial instagram sebesar 65% dan tingkat kepercayaan informasi pada cekfakta.com sebesar 92.5%. Dengan demikian data yang diperoleh dari responden menyatakan informasi dari cekfakta.com sudah dapat memberikan kebenaran informasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 28 Apr 2021 09:44
Last Modified: 28 Apr 2023 01:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13199

Actions (login required)

View Item View Item