Analisis isi fanpage datsun indonesia dalam membentuk brand identity (periode oktober 2013)

Nurisya, Diandra (2014) Analisis isi fanpage datsun indonesia dalam membentuk brand identity (periode oktober 2013). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (703kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (889kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (795kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Krisis global memicu Indonesia untuk meningkatkan persaingan domestik. Salah satunya melalui produksi mobil LCGC yang disambut antusias oleh pemain industri otomotif, termasuk Datsun yang dituntut untuk membentuk brand identity yang kemudian dilakukan melalui social media Facebook. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan aktivitas Fanpage Datsun Indonesia dalam membentuk brand identity dan melihat respon fans terhadap pesan yang disampaikan oleh Datsun. Konsep utama yang digunakan adalah kajian brand identity. Brand identity dalam penelitian ini terdiri dari enam perspektif yaitu merek sebagai produk, kumpulan nilai, pribadi, posisi, simbol dan organisasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi yang didukung dengan data wawancara. Sampel yang digunakan adalah 53 posting dari Datsun baik berupa teks dan gambar pada periode Oktober 2013. Wawancara dilakukan dengan Manajer Marketing & Communication Strategy Datsun dan tiga fans Fanpage Datsun Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Datsun belum maksimal dalam membentuk brand identity berdasarkan keenam perspektif identitas merek. Pembentukan brand identity yang cukup kuat hanya terdapat pada perspektif merek sebagai simbol dan perspektif merek sebagai pribadi. Sedangkan dalam pembentukan brand identity melalui komunitas virtual risers, Datsun terlalu lama menjual mimpi tanpa bukti sehingga menimbulkan keraguan di benak fans.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Jul 2017 06:59
Last Modified: 13 Apr 2023 06:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1323

Actions (login required)

View Item View Item