Tingkat Kepuasan Khalayak mengenai Penggunaan Teknologi Augmented Reality di Kanal Youtube CNN Indonesia: Studi Deskriptif pada Khalayak DKI Jakarta Berusia 20-39 Tahun

Mariany, Mariany (2020) Tingkat Kepuasan Khalayak mengenai Penggunaan Teknologi Augmented Reality di Kanal Youtube CNN Indonesia: Studi Deskriptif pada Khalayak DKI Jakarta Berusia 20-39 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (668kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (209kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan media yang begitu pesat, memudahkan media untuk berkomunikasi dalam menyampaikan informasi. Kebutuhan khalayak untuk mendapatkan informasi yang benar dilihat berdasarkan motif-motif tertentu. Di era digital saat ini, penggunaan teknologi terus berkembang seperti Augmented Reality (AR) yang menjadi salah satu teknologi mumpuni dalam membentuk desain grafis bersifat storytelling. Tingkat dan kemampuan CNN Indonesia dalam menyampaikan informasi tidak hanya menampilkan tayangan berupa gambar bergerak maupun suara yang dihasilkan dari liputan di lapangan secara langsung, melainkan dengan menerapkan Immersive 3D dengan teknologi AR sehingga, informasi yang sulit disampaikan menjadi lebih mudah dimengerti oleh khalayak. AR digunakan untuk menyampaikan informasi yang lebih detail, menghibur, dan menarik minat masyarakat. Selain itu, tujuan dari penggunaan teknologi AR untuk menggambarkan keadaan yang kompleks supaya lebih mudah dimengerti oleh masyarakat Indonesia. CNN Indonesia menerapkan teknologi ini sebagai salah satu bentuk inovasi baru sejak 2015. Melihat potensi teknologi AR, peneliti ingin mengetahui tingkat kepuasan khalayak ketika mengonsumsi informasi melalui kanal Youtube CNN Indonesia. Metode yang penulis gunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei deskriptif. Kemudian penulis mengaitkan pada teori Uses and Gratification menurut McQuail. Populasi dalam penelitian yaitu masyarakat DKI Jakarta berusia 20-39 tahun, dan sudah pernah menonton konten AR di CNN Indonesia dengan jumlah sampel 349 orang. Hasil yang didapatkan dari total mean antara GO dan GS adalah 2.39 (positif). Artinya, khalayak terpuaskan dengan penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) yang dirasakan setelah menonton konten AR di CNN Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Augmented Reality (AR), Uses and Gratification, Discrepancy Gratification
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 09:54
Last Modified: 28 Apr 2023 01:28
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13254

Actions (login required)

View Item View Item