Perancangan User Interface dan User Experience pada Mobile Game 2D "PrAbu"

Martini, Martini (2020) Perancangan User Interface dan User Experience pada Mobile Game 2D "PrAbu". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (182kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dalam fenomena perundungan, kasus perundungan jarang terselesaikan antar kedua belah pihak antar pelaku perundungan dan korban perundungan. Sedangkan saksi perundungan hanya melihat korban perundungan terkena kasus perundungan dikarenakan takut terkena arus perundungan. Melalui hal ini, penulis ingin mengajak saksi perundungan untuk berperilaku upstander berupa membela korban perundungan dengan berani tanpa takut dengan konsekuensi terkena perundungan. Penulis menggunakan metode perancangan design thinking untuk meneliti, merancang, kemudian didukung oleh teori perancangan user experience dan user interface. Perancangan user experience didukung dari hasil penelitian yang disusun menjadi empathy map canvas, persona, user goal, dan wireflow. Perancangan user interface didukung dari hasil user experience, grid system modular, dan golden ratio. Dari proses penelitian dan perancangan ini, hasil akhirnya berupa video game 2D platform mobile berjudul �PrAbu� dengan singkatan �Prajurit Anti Bullying� menginformasikan tata cara pencegahan berlanjutnya perundungan dengan menjadi upstander. Dari visualisasi user experience dan user interface, dapat disimpulkan bahwa peranan user experience dan user interface dalam penyampaian cerita berupa dialog, realisasi kartu solusi, dan konfrontasi perundungan sangat penting agar informasi dapat benar-benar tersampaikan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Perundungan, upstander, video game, mobile, user interface, user experience
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 09:26
Last Modified: 04 Oct 2023 00:42
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13294

Actions (login required)

View Item View Item