Giofany, Citra (2017) Analisis Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Dan Subcultural Appeal Terhadap Attitude Towards Smartwatch Serta Implikasinya Terhadap Behavioral Intention To Use; Telaah Pada Pengguna Apple Watch Di Indonesia Dengan Technology Acceptance Model. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (906kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (931kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (955kB) |
Abstract
Dengan semakin berkembangnya teknologi, jenis perangkat teknologi semakin bervariasi. Smartwatch sebagai salah satu wearable technology yang masih dianggap baru memiliki potensi besar di masa depan. Akan tetapi, masih sedikit penelitian ilmiah yang menganalisis tingkat penerimaan konsumen terhadap perangkat teknologi ini, khususnya smartwatch dengan merek Apple Watch di Indonesia. Apple Watch merupakan smartwatch dengan market share tertinggi di dunia yang mengalami ancaman di pasar oleh smartwatch-smartwatch Android yang mulai banyak diluncurkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis psychological determinant yang merupakan faktor kunci adopsi Apple Watch di Indonesia (mobility (MB) dan subcultural appeal (SA) dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) untuk mengukur behavioural intention to use (BI) para penggunanya di Indonesia. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan kuisioner online. Data diolah dengan software AMOS Graphic 22 (n = 141). Uji validitas dan reliabilitas diukur dengan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), sedangkan hubungan antarvariabel dan model penelitian dianalisa menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM). Penelitian ini menghasilkan temuan utama bahwa keinginan para pengguna Apple Watch di Indonesia untuk tetap menggunakan Apple Watch tersebut di masa depan (BI) dipengaruhi oleh persepsi pengguna akan fungsi dasar (PU) dan sikap pengguna terhadap Apple Watchnya (AT). Di mana, semakin Apple Watch dianggap berguna dan dipandang baik, maka semakin tinggi keinginan pengguna untuk tetap menggunakannya di masa depan. Perusahaan dapat menaikkan kelas penggunanya dengan cara lebih banyak melakukan partnership dengan premium-premium brand selain Hermes dan Nike. Selain itu, Apple juga dapat melakukan kerja sama dengan pihak ketiga untuk menambah keuntungan pengguna sehingga pengguna tetap ingin menggunakannya di masa depan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 260 Social and ecclesiastical theology > 261 Social theology and interreligious relations and attitudes 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 304 Factors affecting social behavior |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 01:43 |
Last Modified: | 15 May 2023 06:07 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1332 |
Actions (login required)
View Item |