Syabanira Dewantari, Tiara (2020) Meninjau Ulang Karakteristik Media di Era Digital Berdasarkan Konsep Hot & Cool Media Marshall McLuhan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Teori Ekologi Media dipopulerkan oleh Marshall McLuhan pada tahun 1964. Teori ini memiliki slogan pupuler seperti medium is the message, global village, dan yang menjadi sorotan dalam penelitian ini adalah hot & cool media. Secara singkat, hot & cool media merupakan sebuah bentuk pengelompokkan media berdasarkan tingkat partisipasi khalayak. Namun sejak pertama kali diperkenalkan kepada publik, teori ini menuai berbagai kritik, khususnya tentang oengelompokkan hot & cool media. Khususnya kini, mengingat pesatnya perkembangan zaman, media juga mengalami perubahan yang mungkin tak terbayangkan oleh McLuhan sebelumnya. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana para akademisi Ilmu Komunikasi, sebagai makhluk sosial dengan ilmu, membuat sebuah pengelompokkan hot & cool media terhadap media-media yang ada di era digital. Seperti yang diungkapkan oleh Mendelsohn (1977) dalam teorinya, social construction of scientific knowledge, suatu pengetahuan dipercaya merupakan hasil konstruksi dari manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan interview. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa belum ada kesepahaman dari para akademisi Ilmu Komunikasi dalam pengelompokkan hot & cool media terhadap media-media yang ada di era digital. Penyebab utamanya adalah karena Marshall McLuhan, selaku pengembang teori itu sendiri, tidak menjelaskan indikator-indikator pembeda secara rinci. Salah satu dari indikator yang menjadi pertanyaan adalah bentuk partisipasi dalam melengkapi informasi seperti apa yang dimaksud oleh McLuhan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Teori Ekologi Media, Hot & Cool Media, Social Construction of Scientific Knowledge |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2020 08:24 |
Last Modified: | 11 May 2023 03:32 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13379 |
Actions (login required)
View Item |