Perancangan Environment untuk Game 2D MA'LAM tentang Polusi Cahaya

Stefanie Gunawan Joedistira, Silke (2020) Perancangan Environment untuk Game 2D MA'LAM tentang Polusi Cahaya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (22MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (300kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (12MB)

Abstract

Polusi cahaya berdampak buruk bagi manusia dan astronom, namun informasi tersebut masih kurang beredar dalam masyarakat. Mobile game berpotensi menjadi media penyampaian informasi karena target user remaja dan dewasa awal berusia 16 sampai 21 tahun yang menggunakan telepon genggam setiap saat. Informasi tentang polusi cahaya dapat tersampaikan dengan jelas melalui visual environment pada game. Untuk dasar perancangan, dilakukan pencarian data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat JABODETABEK berusia 16 sampai 21 tahun. Sedangkan data kualitatif didapatkan dari wawancara ahli, data sekunder, observasi, dan studi referensi. Dilanjutkan dengan perancangan yang menggunakan metode Game Design Process. Dimulai dari tahap pre-production dengan membuat konsep game, dilanjutkan tahap production dengan membuat aset environment, dan diakhiri dengan tahap post-production dengan mengadakan alpha test dan beta test kepada target user perancangan. Perancangan environment untuk mobile game 2D berjudul MA�LAM tentang polusi cahaya berguna untuk mendukung gameplay dan alur cerita. Karena environment dapat menjadi obstacle dan penolong bagi karakter, melalui cahaya lampu dan platform yang dapat diinjak. Visual environment dapat memberikan informasi polusi cahaya kepada pemain. Environment dibuat berlayer untuk memberikan efek kedalaman dan memiliki warna yang terang untuk memberikan mood dan atmosfer yang tepat berupa kota urban yang terkena polusi cahaya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: polusi cahaya, manusia, astronomi, environment, Jakarta, 2D, mobile game, media informatif
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering > 628 Environmental Protection Engineering
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 07:56
Last Modified: 11 Oct 2023 00:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13419

Actions (login required)

View Item View Item