Hariyanto, Malvin (2020) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Pertolongan Pertama Menggunakan Metode Gamifikasi Berbasis Mobile. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (401kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (182kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Cedera dapat terjadi kapanpun dan dimanapun baik dari yang ringan sampai dengan yang berat. Perlu diberikannya penanganan yang tepat agar cedera tersebut tidak bertambah parah, menimbulkan kecacatan atau bahkan menyebabkan hilangnya nyawa. Berdasarkan hal tersebut, pertolongan pertama patut untuk dipelajari oleh orang awam sekalipun. Dengan adanya pemahaman dasar mengenai pertolongan pertama terhadap orang awam, maka dapat mencegah kondisi pasien menjadi jauh lebih buruk lagi. Selain itu, motivasi juga merupakan salah satu faktor penting yang diperlukan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mempelajari pertolongan pertama. Berdasarkan dari hal tersebut, penelitian ini dirancang menggunakan metode gamifikasi sebagai komponen dasar untuk meningkatkan motivasi. Penelitian ini bermaksud untuk merancang dan membangun aplikasi pembelajaran pertolongan pertama menggunakan metode gamifikasi berbasis mobile dengan menggunakan framework Octalysis serta mengetahui behavioural intention to use dan immersion yang diuji dan diukur melalui kuesioner yang menggunakan model Hedonic Motivation System Adoption Model (HMSAM). Pengujian telah dilakukan dan membuktikan bahwa gamifikasi dapat memotivasi pengguna untuk dapat belajar mengenai pertolongan pertama. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan menggunakan kuesioner HMSAM, pengguna menyatakan sangat setuju bahwa aplikasi yang telah dirancang dan dibangun dapat meningkatkan penggunaan kembali (behavioural intention to use) dengan nilai persentase 80,85%, dan setuju bahwa pengguna dapat merasa terbawa suasana (immersion) saat menggunakan aplikasi ini dengan nilai persentase 68,38%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | aplikasi pembelajaran pertolongan pertama, behavioral intention to use, gamifikasi, HMSAM, immersion, octalysis |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Dec 2020 07:33 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 05:44 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13453 |
Actions (login required)
View Item |