Rancang Bangun Aplikasi Persiapan Ujian Nasional Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Menggunakan Metode Gamifikasi Berbasis Mobile

Kevin, Kevin (2020) Rancang Bangun Aplikasi Persiapan Ujian Nasional Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Menggunakan Metode Gamifikasi Berbasis Mobile. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (559kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (173kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Ujian Nasional dimulai sejak tahun 1950 hingga sekarang tahun 2020. Dari tingkat sekolah dasar yaitu pada kelas 6 diadakan Ujian Nasional sebagai standar kelulusan secara nasional. Ujian Nasional seringkali dianggap menakutkan, membosankan, dan menyusahkan terutama Ujian Nasional Bahasa Indonesia. Sangat membosankan dan melelahkan untuk membaca soal-soal yang panjang dan banyak. Berdasarkan hal tersebut, dalam mempersiapkan Ujian Nasional Bahasa Indonesia diperlukan suatu media baru yang lebih menyenangkan namun tetap dapat mempersiapkan Ujian Nasional Bahasa Indonesia. Dengan adanya suatu media pembelajaran baru, maka diharapkan suatu media tersebut menjadikan suatu media pembelajaran baru untuk memotivasi siswa/i yang ingin mempersiapkan Ujian Nasional Bahasa Indonesia khususnya sejak dini yaitu sejak dari tingkat sekolah dasar. Motivasi juga merupakan salah satu faktor penting yang diperlukan untuk meningkatkan minat siswa/i dalam mempelajari dan mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat menggunakan metode gamifikasi sebagai komponen dasar untuk meningkatkan motivasi tersebut. Penelitian ini bermaksud untuk merancang dan membangun aplikasi persiapan Ujian Nasional Bahasa Indonesia untuk sekolah dasar menggunakan metode gamifikasi berbasis mobile dengan menggunakan framework Octalysis serta mengetahui behavioural intention to use dan immersion yang diuji dan diukur melalui kuesioner yang menggunakan model Hedonic Motivation System Adoption Model (HMSAM). Pengujian telah dilakukan dan membuktikan bahwa gamifikasi dapat memotivasi siswa/i untuk dapat belajar dan mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Nasional Bahasa Indonesia. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan menggunakan kuesioner HMSAM, pengguna menyatakan setuju bahwa aplikasi yang telah dirancang dan dibangun dapat meningkatkan penggunaan kembali (behavioural intention to use) dengan nilai persentase 74,59%, dan setuju bahwa pengguna dapat merasa terbawa suasana (immersion) saat menggunakan aplikasi ini dengan nilai persentase 73%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: aplikasi mobile, bahasa indonesia, gamifikasi, hmsam, octalysis, react native, ujian nasional
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 07:24
Last Modified: 16 Aug 2023 01:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13466

Actions (login required)

View Item View Item