Perancangan UI/UX pada Aplikasi E-Learning MilleaLab di PT Citra Wahana Teknologi (SHINTA VR)

Gusti Ngurah Bagus Indrayana, I (2019) Perancangan UI/UX pada Aplikasi E-Learning MilleaLab di PT Citra Wahana Teknologi (SHINTA VR). Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (270kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Di era industri 4.0, teknologi virtual reality merupakan sebuah teknologi yang sudah tidak asing lagi di masa sekarang bagi sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Namun untuk di Indonesia sendiri, teknologi virtual reality sendiri tergolong teknologi yang masih baru. Melihat potensi-potensi yang ada pada teknologi tersebut, di Indonesia mulai bermunculan perusahaan-perusahaan yang fokus dalam pengembangan teknologi virtual reality, salah satunya adalah PT Citra Wahana Teknologi, atau yang biasa dikenal dengan nama SHINTA VR. SHINTA VR telah berdiri sejak tahun 2015 dan telah dipercaya dalam mengerjakan berbagai macam proyek yang tidak hanya berkaitan dengan teknologi virtual reality, tapi juga augmented reality dan juga mixed reality. Beberapa perusahaan yang pernah menjadi klien SHINTA VR di antaranya adalah P&G, BNPB, Geodipa, Hanae Mori, dan masih banyak lagi yang lainnya baik itu di dalam lingkup wilayah Indonesia sendiri maupun di mancanegara. Selain menyediakan layanan B2B (business-to-business) lewat proyek-proyek yang diberikan oleh para klien, SHINTA VR juga memiliki tiga buah produk perusahaan yang ke depannya akan terus dilakukan pengembangan, ketiga produk tersebut adalah Maya Putri, MindVoke, dan MilleaLab. Selama melakukan praktik kerja magang, penulis banyak mendapatkan pengalaman dalam bidang teknologi virtual reality, terutama yang berkaitan dengan pembuatan aset visual di dalamnya seperti aset 3D dan juga user interface. Dimulai dari briefing, research, pembuatan alternatif-alternatif opsi desain, internal testing, hingga pada akhirnya delivery ke klien atau ke project manager. Selain pengalaman bekerja di dalam ruangan main office SHINTA VR, penulis juga diberi kesempatan untuk mendapatkan pengalaman memperkenalkan teknologi virtual reality ke masyarakat luas saat ikut membantu presentasi di acara company visit yang dilakukan oleh rombongan dari SMK Budi Luhur dan juga pelatihan virtual reality untuk guru-guru dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) wilayah Bali. Selama melakukan praktik kerja magang, tentu saja penulis tidak lepas dari berbagai kendala, khususnya dalam hal adaptasi pipeline kerja SHINTA VR yang mengharuskan penulis untuk belajar interface sebuah software baru dari awal. Namun dari kesulitan-kesulitan yang dihadapi, penulis bisa mendapatkan pengalaman lebih dalam hal mengatur pipeline kerja agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien. Dalam laporan ini akan dijelaskan mengenai SHINTA VR, koordinasi kerja di SHINTA VR baik itu untuk B2B maupun dalam pengembangan produk, proses kreatif, hingga hasil akhir proyek dan produk yang telah dikerjakan oleh penulis.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: virtual reality, 3D, user interface, internship, PT Citra Wahana Teknologi (SHINTA VR)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 04:58
Last Modified: 12 Sep 2023 01:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13675

Actions (login required)

View Item View Item