Perancangan Board Game Pengenalan Jejak Karbon untuk Usia 17-25 Tahun di Jakarta

Juliana, Felicia (2020) Perancangan Board Game Pengenalan Jejak Karbon untuk Usia 17-25 Tahun di Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (651kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (130kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kota Jakarta memiliki kualitas udara yang sangat buruk. Hal ini disebabkan karena Jakarta adalah kota yang sangat sibuk, ditambah dengan kepadatan lalu lintasnya. Lalu lintas padat dikarenakan kendaraan, yang menggunakan pembakaran bahan bakar fosil. Pembakaran ini menghasilkan jejak karbon primer. Segala karbon yang disumbang (jejak karbon) akibat kendaraan mereka ini berdampak buruk bagi lingkungan dan masyarakat. Maka dari itu, penulis memutuskan untuk membuat board game dengan topik ini untuk mengenalkan jejak karbon primer kepada warga Jakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah metode hybrid (campuran) antara kuantitatif dan kualitatif. Penulis mengumpulkan data kuantitatif dari penyebaran kuesioner. Data kualitatif didapatkan dari wawancara narasumber, FGD, studi referensi, dan studi existing. Diharapkan dengan adanya karya tulis dan proyek ini, warga Jakarta dapat memperdalam pengetahuan mengenai jejak karbon primer dan mulai sadar untuk menjaga pengeluaran karbon mereka saat bertransportasi. Seiring permainan berlalu, penulis berharap mereka dapat sadar akan dampak dari kendaraan mereka terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: board game, jejak karbon primer, gas rumah kaca, emisi kendaraan
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 01:31
Last Modified: 26 Sep 2023 00:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13975

Actions (login required)

View Item View Item