Pengaruh job expectation terhadap career perception serta implikasinya terhadap intention to stay; analisa pada karyawan generasi y di wilayah tangerang dan jakarta

Johana, Chintya (2016) Pengaruh job expectation terhadap career perception serta implikasinya terhadap intention to stay; analisa pada karyawan generasi y di wilayah tangerang dan jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (948kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (962kB)
[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dalam dunia kerja saat ini, terdapat tiga generasi yang mewarnai tenaga kerja, yaitu baby boomers, generasi X, dan generasi Y. Pada tahun 2016 ini, 80% pencari kerja dipenuhi oleh generasi Y. Namun, 70% generasi Y meninggalkan pekerjaan pertama mereka setelah dua tahun bergabung di suatu perusahaan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi keinginan karyawan generasi Y untuk tetap tinggal di perusahaan (intention to stay). Salah satunya adalah persepsi karyawan generasi Y mengenai karirnya di perusahaan tersebut (career perception). Career perception terbentuk berdasarkan pada ekspektasi atau perkiraan karyawan mengenai pekerjaan mereka (job expectation). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji sekaligus menganalisis pengaruh job expectation terhadap career perception serta implikasinya terhadap intention to stay pada karyawan generasi Y. Model pada penelitian ini diadaptasi dari penelitian yang dilakukan oleh Jessica L. Hurst dan Linda K. Good (2009), serta Ihn Sook Jeong (2012). Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan generasi Y dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang karyawan generasi Y yang sudah bekerja lebih dari 1 tahun dengan wilayah kerja Tangerang dan Jakarta. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara wawancara mendalam dan penyebaran kuesioner. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan teknik non-probability sampling. Data penelitian ini diolah dengan metode regresi linier dengan bantuan program statistik SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel job expectation berpengaruh positif terhadap career perception sebesar 12,9% dengan nilai sig. sebesar 0.039 dan nilai thitung > ttabel sebesar 1.907 > 1.6606. Variabel career perception berpengaruh positif terhadap intention to stay sebesar 22,3% dengan nilai sig. sebesar 0.027 dan nilai thitung > ttabel sebesar 2.242 > 1.6606. Adapun saran yang dapat disampaikan melalui penelitian ini berupa penyesuaian pada gaji, pemberdayaan generasi Y, waktu kerja, pelatihan, penilaian kinerja, serta pemberian reward.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training > 658.306 Job Analysis
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.83 Market Research, Market Analysis
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Jun 2017 01:49
Last Modified: 10 Apr 2023 02:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item