Triana K, Karin (2020) Pengaruh Social Media Influencer Rachel Vennya terhadap Minat Donasi Followers Instagram @rachelvennya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Oleh: Karin Triana Kurniawan Penelitian ini terbentuk didasarkan oleh fenomena atau isu yang sedang terjadi di Indonesia saat ini. Fenomena ini yang menyebabkan hadirnya aksi sosial yang banyak dilakukan oleh para influencer di media sosial atau oleh para selebriti di Indonesia dengan tujuan untuk membantu tenaga medis di Indonesia serta membantu orang yang terkena dampak kerugian dari virus COVID-19 ini. Salah satu influencer di media sosial yang berpengaruh besar terhadap aksi penggalangan dana ini adalah Rachel Vennya. Rachel Vennya adalah seorang social media influencer yang merupakan pelopor aksi penggalangan dana #BersamaLawanCorona yang diawali pada platform Instagram dengan mengajak followers-nya yang jumlahnya tidak sedikit agar berdonasi membantu sesama yang membutuhkan pada masa pandemik ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh serta mengetahui seberapa besarnya pengaruh social media influencer Rachel Vennya terhadap minat donasi followers Instagram @rachelvennya. Teori serta konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah social judgement theory, dan konsep yang digunakan adalah konsep social media influencer dan minat donasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif, dengan melakukan survei kepada followers Instagram @rachelvennya. Jumlah sampel yang ditentukan adalah 200 responden yang memenuhi kriteria sebagai sampel pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel social media influencer memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat donasi followers Instagram @rachelvennya sebanyak 44,1%, sisanya merupakan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini menyatakan bahwa social media influencer mampu memengaruhi pengikutnya, maka perlu diperhatikannya tingkat kredibilitas, daya tarik, dan kekuatan seorang influencer agar dapat memberikan pengaruh yang positif bagi pengikutnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Social Media Influencer, Minat Donasi, followers, Instagram, Fenomena |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 23:29 |
Last Modified: | 15 May 2023 01:47 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14143 |
Actions (login required)
View Item |