Idle Game Based Captcha Menggunakan Html5 Canvas untuk Meningkatkan Kecepatan Penyelesaian Pengguna

Septiandy, Septiandy (2020) Idle Game Based Captcha Menggunakan Html5 Canvas untuk Meningkatkan Kecepatan Penyelesaian Pengguna. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (273kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (487kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (661kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (144kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (495kB)

Abstract

Internet merupakan teknologi utama yang memudahkan kita dalam melakukan pencarian data, pengiriman data, berkomunikasi, dll. Meskipun memberikan kegunaan dan manfaat yang sangat banyak, disisi lain perkembangan teknologi, kehadiran pengguna yang menyalahgunakan fungsi internet demi mendapatkan keuntungan pribadi melakukan modus untuk membobol atau menyebarkan virus melalui jaringan internet dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Data yang mengalami transaksi dalam internet tersebut memiliki integritas tersendiri, maka dari itu internet membutuhkan keamanan jaringan. CAPTCHA (Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart) adalah suatu bentuk autentikasi yang dibuat untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh komputer, memberikan pertanyaan yang sederhana bagi manusia untuk dijawab, tetapi sulit bagi bot untuk menjawabnya. reCAPTCHA merupakan salah satu sistem keamanan CAPTCHA yang telah disediakan oleh Google. Namun reCAPTCHA dengan penilaian System Usability Scale mendapatkan nilai ratarata pada usability sebesar 52.08 yakni masih dibawah rata-rata yaitu 68 dari 30 orang sampel dalam survey yang telah dilakukan oleh peneliti. Maka dari itu, peneliti mengusulkan pembuatan game based CAPTCHA dengan genre permainan idle game. Idle game merupakan jenis game dengan sedikit interaksi dalam permainannya. Hasil penelitian diharapkan dapat bermanfaat bagi pengguna, kemudahan dalam penggunaanya, kemudahan dalam mempelajarinya dan juga memberikan kepuasan terhadap pengguna yang menghadapi CAPTCHA.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: game-based CAPTCHA, adversarial examples, artificial intelligence
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Computer Engineering
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 23:24
Last Modified: 08 Jun 2023 01:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14151

Actions (login required)

View Item View Item