Rancang Bangun Game Plasticboy Menggunakan Algoritma Finite State Machine Berbasis Android

Janitra Widjaja, Alvin (2020) Rancang Bangun Game Plasticboy Menggunakan Algoritma Finite State Machine Berbasis Android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (382kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (118kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (642kB)

Abstract

Smartphone merupakan alat komunikasi yang memiliki peran sangat penting dalam era digital. Berdasarkan data statistik yang dikumpulkan oleh Statista, tercatat sekiranya 3.5 milliar orang didunia menggunakan smartphone. Hasil studi dari Decision Lab menunjukan bahwa aktivitas yang dilakukan melalui smartphone adalah bermain game sebesar 25%. Hal ini menimbulkan persaingan antar pengembang game. Finite State Machine (FSM) bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. FSM merupakan salah satu metoda penerapan Artificial Intelligence yang populer diterapakan untuk pengambilan keputusan yang cerdas. Berdasarkan sifatnya, FSM cocok digunakan sebagai basis perancangan dan pengendalian Non-Player Character (NPC) karena sifatnya yang reaktif dan real time. Platformer adalah genre game yang dimainkan dengan bergerak, meloncat dan melewati rintangan yang dikategorikan sebagai suatu platforms yang masih sangat populer di pasaran. Dari penelitian yang telah dibahas, akan dirancang dan dibangun sebuah video game dengan genre Action 2D platformer untuk menghitung nilai dari video game satisfaction. Implementasi FSM diterapkan pada pergerkan NPC yang bereaksi terhadap posisi pemain. State dapat berupa patrol, idle, attack, dan lainya. Game yang dibangun kemudian dimainkan dan dievaluasi menggunakan Game User Experience Satisfaction Scale (GUESS) dengan hasil 77,8% untuk nilai video game satisfaction.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Finite State Machine, Video game, video game satisfaction, Artificial Intelligence
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 22:40
Last Modified: 09 Aug 2023 00:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14213

Actions (login required)

View Item View Item