Perancangan Gameplay Board Game mengenai Bisindo untuk Usia 12-21 Tahun

Revata, Revata (2020) Perancangan Gameplay Board Game mengenai Bisindo untuk Usia 12-21 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (241kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Komunikasi merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama komunikasi verbal auditori, menjadi pilihan utama untuk berkomunikasi. Namun, beberapa faktor, dapat menjadi penghalang komunikasi verbal auditorial. Salah satu faktor yang paling signifikan adalah gangguan pendengaran. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukanlah sarana alternatif yang efektif dan efisien bagi mereka yang memiliki gangguan pendengaran untuk berkomunikasi sehari-hari. Salah satu sarana komunikasi alternatif yang memenuhi persyaratan tersebut adalah Bahasa Isyarat, yaitu komunikasi dengan isyarat yang dilakukan tangan yang didukung dengan bentuk komunikasi nonverbal lainnya untuk menyampaikan pesan dan maksud. Indonesia sendiri sudah memiliki Bahasa Isyarat sendiri yaitu BISINDO, yang sudah dipergunakan oleh kaum Tuli Indonesia sejak dulu. Namun, jumlah pengguna BISINDO di keseluruhan Indonesia masihlah rendah. Padahal, Indonesia sendiri memiliki jumlah kasus gangguan pendengaran yang tinggi dan tingkat penggunaan Bahasa Isyarat yang sangat rendah. Untuk itu dibutuhkanlah suatu cara untuk menyebarluaskan dan mendidik masyarakat Indonesia mengenai BISINDO. Salah satu bentuk media yang dinilai efektif oleh para ahli dan juga peneliti baik sebagai sarana penyebarluasan pesan maupun juga sarana pendidikan adalah board game. Karena itulah, diputuskan untuk dilakukannya perancangan board game edukatif sebagai sarana penyebarluasan dan pendidikan BISINDO pada masyarakat Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Board game, Bahasa Isyarat, BISINDO
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 22:31
Last Modified: 09 Oct 2023 00:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14224

Actions (login required)

View Item View Item