Rancang Bangun Game 2D Menggunakan Fuzzy Logic untuk Dynamic Difficulty Adjustment

Fajarki Tarigan, Timothy (2020) Rancang Bangun Game 2D Menggunakan Fuzzy Logic untuk Dynamic Difficulty Adjustment. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (450kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (775kB)

Abstract

Perkembangan video game juga telah berkembang dengan pesat seiring dengan berkembangnya teknologi. Terdapat beberapa elemen yang mempengaruhi daya tarik pemain terhadap sebuah game, salah satunya adalah difficulty atau tingkat kesulitan. Salah satu cara untuk membuat game tidak terlalu mudah atau susah adalah dengan memberikan pilihan-pilihan tingkat kesulitan kepada pemain. Namun dengan cara ini terdapat sebuah kekurangan, yaitu tingkat kesulitan yang statis. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Dynamic Difficulty Adjustment. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu apakah algoritma fuzzy logic dapat digunakan untuk membangun dynamic difficulty adjustment dan mencari tahu tingkat kepuasan atau video game satisfaction dari pemain terhadap game. Nilai video game satisfaction dihitung dengan data yang didapatkan dari kuesioner Game User Experience Satisfaction Scale. Hasil akhir dari perhitungan GUESS adalah 74,2% yang artinya pemain merasa puas. Dapat disimpulkan bahwa game 2D dalam penelitian ini berhasil dirancang dan dibangun menggunakan fuzzy logic untuk dynamic difficulty adjustment dan video game satisfaction terhadap game adalah puas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: difficulty, dynamic difficulty adjustment, fuzzy logic, game, GUESS
Subjects: 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 22:06
Last Modified: 23 Aug 2023 02:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14258

Actions (login required)

View Item View Item