Strategi Kampanye #MapMyDay oleh Tune Map dalam Meningkatkan Kesadaran Isu Disabilitas Netra

Vanessa, Jessica (2020) Strategi Kampanye #MapMyDay oleh Tune Map dalam Meningkatkan Kesadaran Isu Disabilitas Netra. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (686kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (172kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (902kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (172kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pemahaman masyarakat mengenai isu disabilitas di Indonesia masih sangat rendah. Isu disabilitas utama yang sering ditemui adalah stigma negatif dari masyarakat serta keterbatasan hak aksesibilitas untuk penyandang disabilitas. Pemahaman yang rendah disebabkan karena kurangnya kesadaran dan edukasi mengenai disabilitas. Oleh karena itu kesadaran mengenai isu disabilitas perlu terus ditingkatkan agar teman-teman disabilitas mendapatkan hak fasilitas yang lebih aksesibel. Berlandaskan hal ini, Tune Map sebuah komunitas yang peduli dengan hak mobilitas penyandang disabilitas khususnya tuna netra, menilai bahwa pelaksanaan kampanye menjadi salah satu upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai isu disabilitas. Penelitian ini membahas strategi kampanye yang dilakukan Tune Map dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai isu disabilitas netra melalui kampanye yang bertajuk #MapMyDay. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui sejauh mana pelaksanaan strategi Tune Map dalam meningkatkan kesadaran isu disabilitas netra melalui kampanye #MapMyDay. Penelitian ini mengacu pada model tahap perencanaan manajemen oleh Cutlip dan diturunkan dengan dua belas tahap perencanaan strategi kampanye oleh Anne Gregory. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Tune Map memiliki persamaan dengan konsep yang berlaku. Dalam pelaksanaan kampanye Tune Map selalu mencapai target yang diharapkan, peserta yang mengikuti kampanye setuju bahwa kampanye ini meningkatkan kesadaran mereka mengenai isu disabilitas, bagaimana cara berinteraksi dengan sahabat netra, desain universal, dan terkait aksesibilitas kota.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Strategi, Kampanye, Tune Map, Kesadaran Disabilitas Netra
Subjects: 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > 361 Social Problems and Services (Inc. People with Mental Illness, Physical Disabilities)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 21:56
Last Modified: 26 May 2023 01:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14272

Actions (login required)

View Item View Item