Perancangan Desain Karakter dalam Mobile Game "Oklik"

Nathania, Bernadine (2020) Perancangan Desain Karakter dalam Mobile Game "Oklik". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (583kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Kentungan merupakan alat komunikasi tradisional yang memiliki potensi dalam seni musik, yaitu musik Oklik khas Bojonegoro. Sayangnya, potensi tersebut masih kurang didalami dan dikenal secara luas. Hal ini disebabkan oleh upaya pengenalan musik tradisional yang kurang efektif. Untuk memperkenalkannya, perlu medium yang mudah dijangkau oleh masyarakat secara luas. Mobile game dapat menjadi medium yang efektif, karena jumlah mobile gamers di Indonesia kini berkembang sangat pesat. Dalam sebuah game terdapat beberapa unsur penting, salah satunya adalah karakter. Karakter merupakan penggerak cerita dalam game. Perancangan karakter akan berperan penting dalam proses pembuatan mobile game musik Oklik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode hybrid yang terdiri dari survei dan wawancara. Metode perancangan yang digunakan adalah metode perancangan karakter dari Lundwall yang terdiri atas tiga tahap, yaitu research, concept, dan finalize. Selain itu, terdapat beberapa teori mengenai desain karakter yang digunakan, salah satunya yaitu teori dari Tillman. Pada akhirnya, dalam perancangan karakter game diperlukan penyesuaian gaya visual terhadap target pemain agar menambah ketertarikan pemain terhadap game. Kemudian, diperlukan adanya deskripsi karakter yang disusun secara seksama agar hasil perancangan karakter tetap sesuai dengan konsep awal. Terakhir, aspek interaktivitas karakter juga perlu diperhatikan agar karakter dapat menjadi lebih hidup.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kentungan, musik oklik, mobile game, karakter, desain karakter
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 740 Graphic arts (Incl. typographical designs; two-dimensional mixed-media, icon and mascot designs)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 21:50
Last Modified: 05 Oct 2023 01:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14280

Actions (login required)

View Item View Item