Chrisnadi, Chrisnadi (2020) Strategi Personal Branding Fitra Eri dalam Membangun Kredibilitas Sebagai Vlogger Otomotif Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (935kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (902kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (452kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (305kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi semakin berkembangnya fenomena personal branding, terutama di era digital seperti saat ini yang memanfaatkan teknologi komunikasi media sosial. Fitra Eri sebagai expertise di dunia otomotif juga memanfaatkan keberadaan media sosial untuk mem-branding dirinya sebagai vlogger otomotif. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi personal branding yang dilakukan Fitra Eri untuk membangun kredibilitasnya sebagai vlogger otomotif Indonesia. Analisis penelitian ini didasarkan strategi penerapan personal branding dan teori kredibilitas sumber. Acuan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah delapan strategi personal branding oleh Montoya, yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, kenampakan, kesatuan, keteguhan, dan maksud baik. Penelitian ini menggunakan paradigma postpositivism dan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi berupa beberapa artikel online dan video di YouTube channel Fitra Eri. Hasil penelitian menujukan bahwa Fitra Eri telah memenuhi dua faktor teori kredibilitas sumber, yaitu faktor keahlian sumber (source expertise) dan faktor kepercayaan sumber (source trustworthiness) dengan menerapkan kedelapan strategi personal branding. Secara khusus, personal branding Fitra Eri bertumpu pada tiga strategi utama, yaitu 1.) Spesialisasi, dengan menunjukan passion dan kemampuannya di bidang otomotif; 2.) Kesatuan, dengan selalu menjunjung nilai kejujuran dan kebenaran, 3.) Maksud baik, yang diperlihatkan dengan membuat konten-konten yang bermanfaat bagi penontonnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | personal branding, kredibilitas sumber, Fitra Eri, vlogger otomotif |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 21:04 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 00:57 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14348 |
Actions (login required)
View Item |