Perancangan UI/UX untuk Mobile Game Informatif tentang Polusi Cahaya

Kimberly Djatmiko, Julia (2020) Perancangan UI/UX untuk Mobile Game Informatif tentang Polusi Cahaya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (251kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (14MB)

Abstract

Kesadaran masyarakat Jabodetabek akan polusi cahaya masih rendah. Padahal polusi cahaya menghadirkan berbagai dampak negatif, baik terhadap kelestarian lingkungan maupun kesejahteraan masyarkat. Untuk mengatasi polusi cahaya, langkah awal yang harus dilakukan adalah memperkenalkan masyarakat akan isu ini dengan usaha menyebarkan informasi. Namun pemanfaatan media informatif konvensional seperti media berita dan kegiatan kampanye belum menjangkau masyarakat Jabodetabek secara merata dalam usaha memperkenalkan polusi cahaya. Oleh karena itu perancangan media informatif dalam bentuk mobile game dapat menjadi alternatif untuk menarik minat masyarakat Jabodetabek terhadap isu polusi cahaya. Perancangan UI/UX dibutuhkan untuk mendukung kualitas pengalaman bermain mobile game. Rumusan masalah pada laporan Tugas Akhir ini adalah bagaimana cara merancang UI/UX untuk mendukung pengalaman bermain mobile game dan menyebarkan informasi seputar polusi cahaya. Adapun metode yang diterapkan dalam proses perancangan UI/UX dalam proyek Tugas Akhir ini adalah Design Thinking dari Stanford d. School. Dengan dirancangnya game informatif mengenai polusi cahaya, diharapkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat Jabodetabek selaku target perancangan dapat berkembang secara luas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: polusi cahaya, mobile game, User Experience, User Interface, Permainan Informatif
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 19:20
Last Modified: 29 Sep 2023 01:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14504

Actions (login required)

View Item View Item