Ganang Agus Setiawan, Yosua (2020) Implementasi Customer Relationship Management di PT Renovasi Indonesia Satu. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (698kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (271kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (177kB) |
||
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membantu pekerjaan di berbagai bidang. Hal ini berdampak ke perusahaan-perusahaan baru atau biasa disebut startup. PT Renovasi Indonesia Satu yang memiliki anak perusahaan RenovAsik merupakan sebuah startup yang bergerak di bidang renovasi dan pembangunan. PT Renovasi Indonesia Satu mengandalkan Customer Relationships Management sebagai strategi komunikasi pemasaran mereka untuk mempertahankan loyalitas pelanggan maupun menarik pelanggan baru untuk menggunakan jasanya. Sama seperti startup pada umumnya, RenovAsik memanfaatkan eksistensi media sosial sebagai sarana melakukan CRM. Dalam praktiknya, CRM yang dilakukan oleh RenovAsik adalah follow up pelanggan dan calon pelanggan, memberikan konsultasi kepada pelanggan dan calon pelanggan, dan memberikan layanan after sales. CRM RenovAsik dilakukan lewat media sosial, seperti Instagram, Whatsapp, dan website RenovAsik.com. Perusahaan menggunakan database yang terkumpul di situs admin RenovAsik yang kemudian diolah untuk pengelolaan hubungan pelanggan. Database didapat dari hasil simulasi yang dilakukan oleh pelanggan dan calon pelanggan di halaman situs Renovasik.com/simulasi. Simpulan dari praktik kerja magang yang dilakukan adalah CRM sangat berguna bagi perusahaan startup dan bermanfaat cukup baik bagi PT Renovasi Indonesia Satu sebagai reminder pelanggan untuk menggunakan jasa RenovAsik kembali.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | RenovAsik, Customer Relationships Management, Database, media sosial, startup |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 021 Library relationships (with archives, information centers, etc.) 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 18:53 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 03:01 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14543 |
Actions (login required)
View Item |