Implementasi Customer Relationship Management di PT Renovasi Indonesia Satu

Ganang Agus Setiawan, Yosua (2020) Implementasi Customer Relationship Management di PT Renovasi Indonesia Satu. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (698kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (271kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membantu pekerjaan di berbagai bidang. Hal ini berdampak ke perusahaan-perusahaan baru atau biasa disebut startup. PT Renovasi Indonesia Satu yang memiliki anak perusahaan RenovAsik merupakan sebuah startup yang bergerak di bidang renovasi dan pembangunan. PT Renovasi Indonesia Satu mengandalkan Customer Relationships Management sebagai strategi komunikasi pemasaran mereka untuk mempertahankan loyalitas pelanggan maupun menarik pelanggan baru untuk menggunakan jasanya. Sama seperti startup pada umumnya, RenovAsik memanfaatkan eksistensi media sosial sebagai sarana melakukan CRM. Dalam praktiknya, CRM yang dilakukan oleh RenovAsik adalah follow up pelanggan dan calon pelanggan, memberikan konsultasi kepada pelanggan dan calon pelanggan, dan memberikan layanan after sales. CRM RenovAsik dilakukan lewat media sosial, seperti Instagram, Whatsapp, dan website RenovAsik.com. Perusahaan menggunakan database yang terkumpul di situs admin RenovAsik yang kemudian diolah untuk pengelolaan hubungan pelanggan. Database didapat dari hasil simulasi yang dilakukan oleh pelanggan dan calon pelanggan di halaman situs Renovasik.com/simulasi. Simpulan dari praktik kerja magang yang dilakukan adalah CRM sangat berguna bagi perusahaan startup dan bermanfaat cukup baik bagi PT Renovasi Indonesia Satu sebagai reminder pelanggan untuk menggunakan jasa RenovAsik kembali.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: RenovAsik, Customer Relationships Management, Database, media sosial, startup
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 020 Library and Information Sciences > 021 Library relationships (with archives, information centers, etc.)
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 18:53
Last Modified: 26 Apr 2023 03:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14543

Actions (login required)

View Item View Item