Perancangan Environment untuk 3D Game Edukasi Aksara Lampung

Ezer Handjaja, Joel (2020) Perancangan Environment untuk 3D Game Edukasi Aksara Lampung. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (222kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Game 3D ini didesain untuk membantu remaja 12-15 tahun yang sedang belajar aksara lampung disekolah menengah pertama. Karena pola pelajaran yang monoton, siswa menengah pertama tidak tertarik dengan pelajaran aksara. Selain itu, bahasa lampung saat ini jarang digunakan oleh masyarakat sendiri dalam kegiatan sehari-hari. Ide membuat game 3D sebagai bahan tambahan pelajaran bahasa lampung muncul, karena konten visual membantu melatih memori dengan lebih mudah, meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan, koordinasi tangan-mata, dan membantu fokus. Dalam game ini konsep aksara lampung dan budaya lampung akan ditampilkan melalui environment yang berbentuk landmark dan gedung yang memiliki nilai sejarah dan budaya, sehingga siswa antusias dalam belajar aksara dan budaya lampung lebih mudah dan terhibur. Metode penelitian yang digunakan dalam laporan ini diambil dari buku Alex Galuzin yang berjudul " How to Create a map in 11 Days ". Galuzin menggunakan metode planning, Visual, & Finishing, berupa data kuantitatif dan kualitatif dengan melakukan user test sebanyak 2 kali, untuk tujuan mengumpulkan teori dan informasi dasar tentang pembuatan environment. Sehingga didapat hasil perancangan berupa environment game yang dapat diaplikasikan pada game �LUWAGH�

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Environment, Game edukasi, Aksara Lampung
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 18:46
Last Modified: 05 Sep 2023 00:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14552

Actions (login required)

View Item View Item