Implementasi investor relations pt pertamina (persero) dalam persiapan menjadi bumn non listed public company

Yosefin, Melania Maria (2014) Implementasi investor relations pt pertamina (persero) dalam persiapan menjadi bumn non listed public company. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (803kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (584kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu menarik perhatian investor dan kreditor untuk berinvestasi didukung dengan Indonesia memperoleh predikat investment grade. Penelitian ini membahas tentang strategi investor relations PT Pertamina (Persero) dalam transformasi status perusahaan menjadi BUMN non-listed public company (NLPC). Hal ini dilakukan karena perusahaan membutuhkan dana sebagai modal untuk membangun, menjalankan serta mengembangkan usaha. Sehingga, secara tersirat mendorong perusahaan milik BUMN ini untuk menjadi perusahaan terbuka dengan membenahi tata kelola perusahaan menjadi transparan dan accountable. Peran investor relations pun kian menjadi kebutuhan bagi laju pertumbuhan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Penerapan konsep yang digunakan antara lain konsep perencanaan public relations dari Cutlip, Center, dan Broom dan disempurnakan menggunakan konsep perencanaan nine steps dari Ronald Smith serta didukung dengan konsep corporate communications. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan paradigma post-positivisme yang menggunakan metode studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan studi dokumen serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah gambaran kinerja Pertamina yang mampu menunjukkan kesehatan perusahaan, tata kelola perusahaan yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, memperoleh peningkatan peringkat dari Fitch dan Moody’s. Peran dan Fungsi Investor Relations Pertamina dibentuk untuk persiapan NLPC serta sebagai jembatan komunikasi yang baik untuk stakeholders dan bondholders. Posisi keterbukaan informasi Pertamina dapat dikatakan sudah mampu sejajar dengan perusahaan terbuka walaupun informasi yang diberikan tidak full-disclosure seperti perusahaan terbuka. Pertamina belum dapat menjadi BUMN NLPC karena Keppres BUMN NLPC belum dikeluarkan oleh Presiden tetapi pihak Pertamina sudah siap untuk menjadi BUMN NLPC. Fungsi Investor Relations Pertamina, tetap melakukan pengkinian data sebagai amanah RUPS terkait dengan BUMN NLPC dan juga melakukan update informasi terkait perkembangan ekonomi dan bisnis serta update tools IR sebagai salah satu media untuk memenuhi kebutuhan informasi stakeholders.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 27 Jul 2017 10:02
Last Modified: 12 Apr 2023 03:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1462

Actions (login required)

View Item View Item