Mahesa Budiono Putra, Rangga (2020) Dekomodifikasi Penyandang Disabilitas pada Tayangan Iklan Matahari. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (456kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (285kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (190kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Pada media massa, komodifikasi merupakan salah satu bentuk kritik Karl Marx pada periklanan di negara kapitalisme. Marx menyebutkan bahwa produksi pesan dan emosi dari iklan menggunakan sebuah komoditas yang hanya dijadikan keuntungan belaka bagi pembuat iklan. Untuk menganalisa tanda-tanda yang menunjukkan komodifikasi, penelitian ini menggunakan salah satu tradisi ilmu komunikasi yaitu semiotika Roland Barthes. Semiotika Roland Barthes mendeskripsikan tanda denotasi hingga mitos yang digunakan dalam Iklan Matahari. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah, iklan Matahari yang menampilkan penyandang disabilitas sebagai komoditas, memiliki alur cerita yang terlihat seolah memarginalkan penyandang, tetapi di akhir cerita justru mengakomodasi penyandang dan membuat membuktikan bahwa konsep komodifikasi tidak sepenuhnya benar. Cerita yang berlawanan dari komodifikasi justru menampilkan konsep sebaliknya, yaitu dekomodfikasi. Dimana iklan tersebut menampilkan kebaikan yang universal, semua pihak mendapatkan keuntungan, melalui penyampaian pesan yang berguna, membangun dan positif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Semiotika, Semiotika Roland Barthes, Iklan, Dekomodifikasi, Penyandang Disabilitas |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 17:54 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 00:51 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14627 |
Actions (login required)
View Item |