Ganang Agus Setiawan, Yosua (2020) Pengaruh Konten Infuencer Marketing Terhadap Minat Kunjung Wisatawan Domestik (Studi Pada Konten Instagram @Chelseakauai). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (412kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (933kB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) | Preview |
Abstract
Oleh: Yosua Ganang Agus Setiawan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penggunaan strategi komunikasi pemasaran influencer marketing di media sosial. Untuk mempromosikan destinasi wisata di Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia pun turut menggunakan influencer di media sosial agar dapat menarik minat berkunjung wisatawan, baik domestik maupun mancenegara. Dengan bekerja sama dengan salah satu travel influencer terkenal Instagram, Kemenparekraf mempercayakan konten kampanye Wonderful Indonesia di Pulau Derawan kepada Chelsea Yamase, atau lebih dikenal di Instagram dengan nama Chelsea Kauai. Konten media sosial influencer tersebut bertujuan untuk menarik perhatian wisatawan generasi Y (milenial) dan generasi Z untuk berkunjung ke suatu destinasi yang dipromosikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten media sosial influencer terhadap minat kunjung wisatawan domestik, yang dibagi berdasarkan jenis kelamin dan generasi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah followers dari akun Instagram @Chelseakauai. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 90 responden yang dikumpulkan dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel konten media sosial influencer berpengaruh sebesar 31,5% terhadap minat kunjung wisatawan domestik. Hasil uji regresi stepwise menunjukan dimensi clear memiliki pengaruh tertinggi terhadap minat kunjung wisatawan domestik dengan nilai sebesar 34,6%. Terdapat penilaian rata-rata yang sama terhadap minat kunjung wisatawan perempuan dan lakilaki secara signifikan, tetapi berbeda secara deskriptif. Terdapat penilaian rata-rata yang sama terhadap minat kunjung wisatawan generasi Y dan generasi Z secara signifikan, tetapi berbeda secara deskriptif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Konten, Instagram, Media Sosial, Minat Kunjung, Wisatawan, Influencer |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 15:43 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 03:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14813 |
Actions (login required)
View Item |