Perancangan Board Game Toleransi Upacara Keagamaan di Kalangan Remaja

Tedja, Anastasia (2020) Perancangan Board Game Toleransi Upacara Keagamaan di Kalangan Remaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (124kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Keanekaragaman dalam negara Indonesia ini menyebabkan kemajemukan dalam kepercayaan dan agama. Agama yang mempunyai hari raya yang berbeda-beda pun merupakan momen penting dimana hal ini dikaitkan dengan informasi dan pengetahuan. Informasi sendiri dapat membentuk perkembangan sikap dan mental pada remaja, penyerapan informasi yang salah pun dapat menyebabkan kesalah pahaman dan memicu pertikaian, maka dari ini dibuat lah board game sebagai media informasi yang ditujukan pada remaja Jakarta berusia 16-19 tahun. Pembuatan board game ini menggunakan metode kuatitatif dan kualitatif dimana survey, wawancara, studi literatur, studi existing, studi referensi, dan focus group discussion dilakukan. Metode perancangan pun menggunakan metode iterative design yang menekankan pada proses playtest. Kemudian dilakukan pula testplay yaitu alpha test sesama percancang dan beta test terhadap target audience. Hasil yang didapatkan setelah melalui semua proses adalah remaja Jakarta memang kurang mengerti mengenai informasi hari raya yang ada di Indonesia, dan board game ini membantu mereka memahami informasi yang ada pada hari raya masingmasing.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: keanekaragaman, hari raya, board game, media informasi, remaja jakarta
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 15:40
Last Modified: 13 Oct 2023 00:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14817

Actions (login required)

View Item View Item