Peran 3D Artist Dalam Membuat Aset Game "Bus Simulator Indonesia Ultimate" Pada Perusahaan Game Gambir Studio

Deni, Deni (2020) Peran 3D Artist Dalam Membuat Aset Game "Bus Simulator Indonesia Ultimate" Pada Perusahaan Game Gambir Studio. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (907kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (887kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (548kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Peran animasi menjadi sarana hiburan yang salah satunya merupakan game. Di Indonesia sendiri sudah memiliki beberapa studio game, salah satunya adalah Gambir Studio. Gambir Studio merupakan studio game di Indonesia yang berfokus pada pembuatan game mobile. Penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan game karena memiliki tahap yang berbeda dengan proses pembuatan animasi, sehingga penulis memilih untuk melakukan praktik kerja magang di Gambir Studio sebagai 3D artist. Banyak hal yang penulis dapat selama menjalani praktik kerja magang, seperti bagaimana pembuatan aset 3D untuk mobile game dan proses bagaimana aset 3D tersebut bisa menjadi dalam game. Dalam melakukan sesuatu, pastinya tidak luput dari kesalahan. Selama menjalani praktik kerja magang, penulis mengalami kendala seperti sulitnya dalam membuat model tokoh low poly dan retopology. Tetapi penulis berhasil menemukan solusi dengan mencari referensi yang dapat digunakan dalam membuat model dan mengidentifikasi terlebih dahulu sebelum mengerjakan agar mengetahui apa yang harus dilakukan dan meminimalisir kesalahan.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Gambir Studio, game mobile, 3D artist
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.6 Computer Graphics, 3D Graphics, Digital Video
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Nov 2021 14:08
Last Modified: 04 Sep 2023 01:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14942

Actions (login required)

View Item View Item