Representasi Makna Kebahagiaan Semu pada Iklan Perbankan (Analisis Semiotika dalam Iklan BNI sebagai Usaha Menentang Covid-19)

Senna, Delfiero (2020) Representasi Makna Kebahagiaan Semu pada Iklan Perbankan (Analisis Semiotika dalam Iklan BNI sebagai Usaha Menentang Covid-19). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (438kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (188kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Saat ini iklan terbagi atas dua jenis antara lain iklan commercial dan iklan noncommercial. Public Service Annoucement atau iklan noncommercial biasanya dibuat untuk mengajak orang lain untuk tertarik kepada gagasan yang ditawarkan. Dalam penelitian ini dengan judul �Representasi Makna Kebahagiaan Semu Dalam Iklan Perbankan� bertujuan untuk mengetahui representasi makna kebahagiaan semu dalam Public Service Announcement yang dibuat oleh BNI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian yaitu penelitian semiotika. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis semiotika Umberto Eco dengan tujuan untuk menjabarkan apa saja tanda yang dianggap mengandung makna �dusta� sehingga mampu menjelaskan terkait kebahagian semu yang ada di dalam adegan pada iklan. Hasil dari penelitian ini yaitu Kebahagiaan semu yang tergambar pada iklan ini terlihat pada beberapa setting adegan yang terbagi dalam dua kategori yaitu Setting adegan pada proses penularan virus Corona dan pada setting adegan yang menunjukan proses pencegahan dari virus Corona. Setiap Setting adegan yang menampilkan kebahagiaan semu dibuktikan dengan beberapa adegan yang tidak sesuai dengan apa yang terjadi dalam pergaulan dan lingkungan masyarakat pada umumnya. Representasi makna kebahagiaan semu juga digambarkan melalui ekspresi Bahagia yang terus ditampilkan pada setiap adegan. Hal ini bisa dikatakan bertentangan dengan keadaan masyarakat yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Representasi, Kebahagiaan Semu, Semiotika, Umberto Eco, Tanda dan Makna
Subjects: 900 History and Geography > 910 Geography and Travel > 912 Graphic Representations of Surface of Earth and of Extraterrestrial Worlds
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 13:10
Last Modified: 10 May 2023 03:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15040

Actions (login required)

View Item View Item