Elianna Bunyamin, Nadya (2020) Proses Seleksi Informasi dalam Jurnalisme Kuliner di kumparanFOOD. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (661kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (275kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (957kB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (185kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (795kB) |
Abstract
Oleh: Nadya Elianna Bunyamin Dalam pemilihan topik dan angle yang menarik, media perlu melakukan framing. Namun, seringkali framing hanya diteliti dari segi berita yang dihasilkan, padahal framing sebenarnya sudah dilakukan sejak proses produksi berita. Selain itu, penelitian framing dalam proses produksi berita juga umumnya lebih sering dilakukan pada isu hard news seperti politik daripada isu soft news seperti kuliner. Padahal, tentu ada perbedaan framing dari segi pemilihan topik dan angle pada isu hard news dan soft news. Oleh karena itu, peneliti ingin menemukan peran intramedia terhadap penentuan topik dan angle berita kuliner, khususnya dari level individu, rutinitas media, hingga organisasi. Penelitian ini menggunakan teori hierarki pengaruh Shoemaker dan Reese dengan konsep jurnalisme kuliner dan konsep media daring. Selain itu, penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan metode studi kasus di media daring kumparanFOOD. Melalui wawancara mendalam dan tinjauan dokumen, peneliti menemukan bahwa level yang berperan paling besar dalam penentuan topik dan angle berita kuliner di kumparanFOOD adalah level rutinitas media dan organisasi. Kedua level tersebut menentukan jenis berita kuliner yang akan diproduksi dan penetapan work flow berdasarkan target audiens atau page view yang ingin dicapai. Selain itu, peneliti juga menemukan informasi tambahan bahwa level institusi sosial terutama pengiklan tidak berperan secara langsung dalam penentuan konten redaksi. Hal ini dikarenakan adanya batasan yang jelas antara konten redaksi dan advertorial.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | gatekeeping, hierarki pengaruh, jurnalisme kuliner, framing |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 11:42 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 02:55 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15161 |
Actions (login required)
View Item |