Nurwiranti, Theresia Uma (2020) Digitalisasi Proses Facility Management untuk Meningkatkan Kinerja pada Universitas Swasta di Tangerang. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (934kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (721kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (259kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Nama : Theresia Uma Nurwiranti Judul : Digitalisasi Proses Facility Management Untuk Meningkatkan Kinerja pada Universitas Swasta di Tangerang Digitalisasi fungsi facility management adalah kebijakan stratejik memenangkan persaingan di dunia pendidikan Indonesia. Memanfaatkan perkembangan teknologi era 4.0, inovasi digital Universitas XYZ ini menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kepuasan dan keterikatan pelanggan untuk memperkuat ekuitas merek yang memberikan nilai tambah positif bagi universitas tersebut. Digitalisasi ini dilakukan melalui analisis internal berupa sumber daya yang dimiliki dan analisis eksternal dari luar Universitas XYZ. Penelitian ini menggunakan pendekatan Digital Maturity Models (DMM) dari TM Forum. Menggunakan 5-dimensi DMM, yaitu: customer, strategy, operation, technology and organization, serta culture and people, tingkat kematangan proyek transformasi digital fungsi facility management diukur dan dipetakan kedalam 12 sub-dimensi, sebagai pijakan menuju tujuan digitalisasi yang ingin dicapai. Fungsi facility management yang memiliki pengguna terbesar adalah area penelitian ini. Hal ini disebabkan karena facility management sebagai front office memiliki high impact, high priority dan visible. Dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan di Universitas XYZ, akhirnya disusun rancang biru tindakan perbaikan untuk meningkatkan kinerja universitas yang efektif dan efisien. Metode analisis data melalui pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif, skala Likert pada lima dimensi DMM yaitu customer, strategy, operation, technology dan organization, culture and people. Hasil penelitian ini menunjukkan bagian operasi adalah dimensi yang membutuhkan pembenahan khusus. Pembenahan pada dimensi operasi ini harus disertai dengan menyediakan kanal komunikasi tepat bagi pelanggan, pengunaan strategi sesuai situasi dan kondisi saat ini, teknologi yang tepat sasaran, dan membangun komunikasi dan kepemimpinan di dimensi organization, culture and people supaya kepuasan dan keterikatan pelanggan semakin meningkat. Penelitian ini mengusulkan sebuah sistem aplikasi berbasis web dan apps, yang user friendly, mudah diaplikasikan dan murah. Berdasarkan hasil penelitian dan kerangka rancang biru aktivitas dilakukan justifikasi perhitungan investasi sebagai implementasi dan proyeksi efisiensi yang digunakan Top Management Universitas XYZ untuk melakukan pengambilan keputusan di facility management ini.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | digital maturity models, facility management, transformasi digital, kinerja universitas vi |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 11:15 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 07:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15195 |
Actions (login required)
View Item |