Penerapan Digital Marketing pada Perusahaan PT Citra Kreasindo Mandiri untuk Meningkatkan Customer Acquisition dan Customer Retention

Irawan, Clairine (2020) Penerapan Digital Marketing pada Perusahaan PT Citra Kreasindo Mandiri untuk Meningkatkan Customer Acquisition dan Customer Retention. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (190kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Nama : Clairine Irawan (0000042123) Judul : Penerapan Digital Marketing pada Perusahaan PT Citra Kreasindo Mandiri untuk Meningkatkan Customer Acquisition dan Customer Retention PT Citra Kreasindo Mandiri, sebuah perusahaan percetakan tradisional yang menghadapi masalah volume pelanggan dalam perubahan teknologi bisnis global. Perusahaan perlu melakukan transformasi digital untuk mendapatkan kinerja akuisisi dan retensi pelanggan. Framework transformasi digital menggunakan Digital Maturity Model (DMM) yang dikembangkan oleh TM Forum dan Deloitte. Model tersebut melibatkan variabel strategi, teknologi, pelanggan, organisasi dan budaya, serta operasi yang merepresentasikan kapabilitas perusahaan. Analisis dilakukan dengan membandingkan maturitas saat ini dengan ekspektasi maturitas masa depan sehingga terjadi maturity gap. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dengan wawancarai dengan informan dalam bisnis, pemilik dan karyawan kunci PT Citra Kreasindo Mandiri. Analisis maturity gap menunjukkan bahwa prioritas bisnis berada pada bagian pemasaran yang merupakan sub dimensi dari dimensi strategi. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan mengimplementasikan digital marketing pada perusahaan PT Citra Kreasindo Mandiri. Penerapan digital marketing dilakukan untuk meningkatkan tingkat perolehan pelanggan dan tingkat retensi pelanggan. Kelayakan proyek transformasi digital divalidasi dengan proyeksi evaluasi costbenefit analysis menggunakan parameter ekonomi seperti Internal Rate of Return (IRR) dengan nilai 130% dan Net Present Value (NPV) sebesar 277987094 (positif). Hasil proyeksi menunjukkan bahwa proyek transformasi digital layak untuk dilakukan. Proyek transformasi digital menggunakan strategi pemasaran digital yang melibatkan media sosial dan website dengan strategi pembuatan konten. Dengan penerapan digital marketing, perusahaan memiliki kemampuan untuk melakukan transformasi digital dan akan berpengaruh positif terhadap tingkat akuisisi pelanggan, tingkat retensi pelanggan, serta pendapatan perusahaan.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: sosial media, digital marketing, transformasi digital, customer acquisition, customer retention
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 11:09
Last Modified: 06 Mar 2023 00:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15201

Actions (login required)

View Item View Item