Nerissa Arviana, Geofanni (2020) Proses Kerja Reporter Kanal Market Di Media Daring Bisnis.com. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (952kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (131kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi mendorong media massa untuk melakukan adaptasi sesuai dengan perubahan cara masyarakat mengonsumsi berita. Salah satu bentuk adaptasi teknologi yang hadir di media massa adalah kemunculan media daring. Adaptasi ini juga dilakukan oleh salah satu harian ekonomi dan bisnis di Indonesia, yaitu Bisnis Indonesia. Harian Bisnis Indonesia pertama kali meluncurkan Bisnis.com pada 2 September 1996 sebagai media digitalisasi berita yang dimuat di edisi cetak. Selain terus berkembang karena perubahan zaman, Bisnis.com juga berkembang karena meningkatnya keinginan masyarakat untuk mengetahui kondisi pertumbuhan ekonomi dan bisnis di Indonesia. Keinginan tersebut juga didorong oleh tujuan pembangunan ekonomi Indonesia dalam jangka panjang, yaitu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kemakmuran masyarakat. Oleh karena itu, penulis merasa berita ekonomi sangat diperlukan masyarakat. Penulis memutuskan untuk mendaftarkan diri melakukan praktik kerja magang di Bisnis.com sebagai reporter kanal Market Bisnis.com. Dalam praktik kerja magang, penulis menyajikan berita terkini tentang kondisi pasar di dalam dan luar negeri. Berita-berita tersebut dikemas dalam bentuk hard news maupun soft news yang ditulis dari berbagai sumber, seperti liputan dan wawancara, laman Keterbukaan Informasi IDX, laporan keuangan perusahaan, media internasional, dan data Badan Pusat Statistik (BPS). Dalam memproduksi sebuah berita, penulis melakukan berbagai tahapan proses kerja, yaitu penugasan, pengumpulan data, evaluasi, penulisan, dan penyuntingan. Jika kelima tahapan tersebut sudah dilalui, berita siap untuk dipublikasikan di situs dan media sosial Bisnis.com agar dapat dikonsumsi masyarakat. Dengan melakukan praktik kerja magang sebagai reporter kanal Market Bisnis.com selama 60 hari, penulis semakin memahami proses kerja seorang jurnalis ekonomi. Penulis melihat bahwa berita ekonomi merupakan sebuah berita yang padat informasi dan data. Dengan padatnya informasi dan data, dibutuhkan kelihaian dari seorang jurnalis ekonomi untuk dapat mengemasnya menjadi berita yang mudah dimengerti oleh masyarakat awam. Dari praktik kerja magang ini, penulis juga jadi memahami bahwa seorang jurnalis ekonomi harus memiliki pengetahuan yang luas, detail, dan kemampuan verifikasi yang baik.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | proses kerja, media daring, jurnalisme ekonomi, Bisnis.com |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 10:52 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 01:01 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15224 |
Actions (login required)
View Item |