Digitalisasi Proses Pencetakan Dokumen Akademik untuk Meningkatkan Layanan Bagi Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara

Nurmila, Diana (2020) Digitalisasi Proses Pencetakan Dokumen Akademik untuk Meningkatkan Layanan Bagi Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (409kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Transformasi digital mendukung sasaran stratejik yang ingin dicapai dari Biro Informasi Akademik (BIA) yaitu selain menyediakan data dan informasi yang akurat dan komprehensif dalam bidang akademik, diharapkan mampu memberikan layanan dengan cepat dan akurat. Sejalan dengan hal tersebut, BIA sebagai objek penelitian berupaya untuk meningkatkan layanan terutama dalam hal pencetakan dokumen-dokumen akademik dimana dalam proses pencetakannya masih mengalami beberapa permasalahan salah satu diantaranya adalah proses pencetakan yang melebihi dari batas waktu layanan yaitu 3 (tiga) hari kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan Digital Maturity Model (DMM) dari TM Forum, dengan 5 (lima) dimensi yaitu Customer, Strategy, Technology, Operation, dan Culture. Penelitian ini juga menggunakan metode kuantitatif dengan in-depth interview kepada perwakilan dari Rektorat untuk memperoleh gambaran kondisi saat ini dan mencari letak gap dari kondisi current dan future tersebut seperti yang diharapkan oleh Universitas. Temuan dari penelitian ini menyatakan bahwa kondisi rata-rata berada pada level advancing, dan harapan kedepannya bisa berada pada level leading. Namun tentunya setelah mencapai level tersebut, diharapkan untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi. Penelitian ini mengusulkan untuk memanfaatkan transformasi digital berupa teknologi self-service dengan membangun sistem Kiosk yaitu Student Self Service Printing Document (S3PD). Dari hasil analisis kelayakan, proyek ini layak dijalankan dengan mempertimbangkan efisiensi resource yang diperoleh dengan biaya yang dikeluarkan. Dengan adanya sistem ini diharapkan mampu mendukung sasaran yang ingin dicapai dalam peningkatan service time yaitu mempercepat proses pencetakan yang dapat diakses secara mandiri (self-service) tanpa perlu waktu tunggu (real time).

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: transformasi digital, digital maturity model, student self service printing document
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2020 10:48
Last Modified: 20 Mar 2023 06:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15229

Actions (login required)

View Item View Item