Dhea Maulida Hasymi, Itsna (2020) Perancangan Permainan Kartu My Plate Portion tentang Menyusun Menu Gizi Seimbang dan Menghitung Kalori. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (655kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
||
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (174kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (974kB) |
Abstract
Pedomaan gizi seimbang (PGS) adalah salah satu program yang dimiliki oleh Kementrian Kesehatan RI. Melaui PGS, pemerintah berupaya untuk memberikan panduan agar masyarakat terhindar dari gizi buruk maupun gizi yang berlebih. Namun upaya tersebut memiliki banyak hambatan, salah satunya adalah pola makan junk food yang khususnya terjadi di perkotaan dengan remaja sebagai konsumen terbesarnya. Junk food adalah makanan rendah gizi yang begitu digemari oleh berbagai lapisan masyarakat. Pengonsumsian junk food yang rendah gizi tanpa mengetahui batasan yang pasti adalah hal yang bertentangan dengan anjuran Kementrian Kesehatan Republik Indonesia untuk hidup sehat dengan PGS. Oleh karena itu, perlu adanya sosialisasi tentang PGS sehingga masyarakat bisa lebih sadar dalam menjaga kesehatan. Untuk membantu pemerintah dalam melakukan sosialisasi pedomaan gizi seimbang, pada penelitian ini penulis merancang sebuah permainan kartu menggunakan metode serious game yang berjudul My Plate Portion. Dalam permainan ini, pemain diharuskan untuk menyusun menu seimbang dan menjaga asupan kalori. Pada proses perancangannya, pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur, studi eksisting, menyebar kuesioner, wawancara dan melakukan focus group discussion. Kesimpulan yang didapat dari perancangan ini adalah untuk merancang sebuah permainan, memerlukan proses yang panjang dan terus melakukan evaluasi baik dari segi visual maupun gameplay.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Pedomaan gizi seimbang, junk food, permainan kartu, serious game, remaja |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 08:50 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 00:53 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15396 |
Actions (login required)
View Item |