Perbedaan Tingkat Objektivitas Berita UU Cipta Kerja pada Mediaindonesia.com, Kompas.com dan Tempo.co Periode: 1-31 Oktober 2020

Iqbal Adi Laksono, Muhammad (2021) Perbedaan Tingkat Objektivitas Berita UU Cipta Kerja pada Mediaindonesia.com, Kompas.com dan Tempo.co Periode: 1-31 Oktober 2020. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (246kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (474kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (525kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (130kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (504kB)

Abstract

Pemberitaan terkait UU Cipta Kerja sangat rentan memiliki pemberitaan yang tidak berimbang dan tidak objektif. Dikarenakan bagaimana beberapa media di Indonesia memiliki afiliasi politik yang mendukung pengesahan UU ini. Tentu hal ini memunculkan pertanyaan apakah media yang memiliki afiliasi politik tersebut dapat tetap objektif dalam pemberitaannya dan bagaimana signifikansi perbedaan tingkat objektivitas terhadap media yang tidak memiliki afiliasi politik. Media yang ingin dilihat tingkat objektivitasnya adalah Mediaindonesia.com, merupakan bagian dari konglomerasi media dari Media Grup. Kemudian adalah Kompas.com merupakan bagian dari konglomerasi media dari Kompas Grup yang membedakannya dengan Mediaindonesia.com adalah Kompas.com tidak memiliki afiliasi politik, dan media terakhir yang berbeda dari kedua media sebelumnya adalah Tempo.co merupakan media non-konglomerat dan juga tidak memiliki afiliasi politik. Penelitian ini akan menganalisis masing-masing 33 berita dari tiap media. Penelitian ini merupakan analisis isi kuantitatif dengan menggunakan konsep objektivitas milik Westerstahl untuk menilai tingkat objektivitas pemberitaan dari ketiga media tersebut, ada (8) indikator pada konsep objektivitas Westerstahl,indikator yang digunakan untuk menganalisis pada penelitian ini yaitu, indikator faktualitas, akurasi, kelengkapan, relevansi, proporsional, cover both sides, non-evaluatif dan non-sensasional. Kemudian penelitian ini juga mencoba untuk melihat apakah perbedaan tingkat objektivitas antara ketiga media tersebut signifikan atau hanya kebetulan saja dengan melakukan uji beda.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Objektivitas, Pemberitaan, UU Cipta Kerja, Kompas.com, Tempo.co, Mediaindonesia.com
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 16:24
Last Modified: 27 Apr 2023 00:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15813

Actions (login required)

View Item View Item