Frans Parry, Frans Parry (2021) Kebijakan Redaksional Media Online Autonetmagz dalam Distribusi Berita Melalui Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Kebijakan redaksi dibutuhkan dalam bidang distribusi berita. Di antaranya dibutuhkan manajemen untuk mengelola media sosial yang menjadi saluran penyebaran informasi. Kebijakan redaksi ikut berperan dalam menentukan konten informasi yang perlu diunggah pada setiap media sosial yang berbeda, salah satunya media sosial Instagram. Berkembangnya Instagram sebagai medium untuk mencari informasi turut digunakan oleh media massa untuk mendistribusikan konten berita, khususnya media online. Pemanfaatan Instagram tersebut membutuhkan adanya kebijakan redaksi, terutama mengenai pemilihan konten informasi yang akan didistribusikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan redaksional dalam kegiatan distribusi berita yang berjalan di media online Autonetmagz. Peneliti menganalisis kebijakan distribusi berita menggunakan fungsi-fungsi manajemen yang dipaparkan oleh George R. Terry: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menjelaskan bahwa media online Autonetmagz menggunakan tiga saluran distribusi untuk mendistribusikan konten beritanya, yaitu: mesin pencari, media aggregator, dan media sosial. Kebijakan redaksional mengenai kegiatan distribusi berita di media online Autonetmagz didasari pada minat audiens, sehingga nilai penting dan menarik dari sebuah berita menjadi unsur utama dari berita-berita yang dihasilkan dan disebarkan oleh Autonetmagz. Media sosial, khususnya Instagram, berperan penting dalam pendistribusian berita di Autonetmagz. Namun adanya perubahan kebijakan membuat Instagram tidak lagi menjadi satu-satunya andalan Autonetmagz dalam memperoleh traffic pembaca.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | distribusi berita, kebijakan redaksional, Instagram |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 18:52 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 02:22 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15828 |
Actions (login required)
View Item |