Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran ReactJS Menggunakan Metode Gamifikasi Berbasis Android

Immanuel Richard Clint, Tony (2021) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran ReactJS Menggunakan Metode Gamifikasi Berbasis Android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (802kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (648kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (541kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (116kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Aplikasi pembelajaran merupakan sebuah program yang dirancang untuk belajar dengan berinteraksi secara langsung antara pelajar dengan aplikasi. Topik yang akan dipelajari adalah framework ReactJS. Untuk memudahkan akses pembelajaran, karya ilmiah ini akan merancang dan membangun sebuah aplikasi dalam basis Android. Agar pembelajaran dapat lebih menyenangkan lagi, aplikasi pembelajaran dapat diterapkan sebuah metode gamifikasi. Metode gamifikasi memberikan konsep gim pada aplikasi pembelajaran yang membuat proses belajar seperti sedang bermain. Metode framework gamifikasi Marczewski menerapkan 8 questions to ask yourself saat menggunakan metode gamifikasi, dan 7 things to remember tentang gamifikasi. Aplikasi akan memberikan informasi-informasi tentang basic ReactJS dan pengguna akan mengisi fill-in-the-blanks dengan informasi yang pengguna dapatkan. Pengujian dilakukan dengan perhitungan melalui jumlah responden terhadap setiap pertanyaan yang akan diberikan melalui kuesioner. Model kuesioner menggunakan Hedonic-Motivation System Adoption Model (HMSAM). Hasil perhitungan menyatakan bahwa tingkat Control atau kemudahan penggunaan dalam mengendalikan aplikasi dengan nilai persentase 90,23% sangat setuju aplikasi Re-Learning memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi dan memudahkan pengguna dalam belajar ReactJS. Terdapat juga hasil perhitungan pada tingkat Immersion yang menyatakan 75,23% setuju pengguna dapat fokus ketika sedang menggunakan Re-Learning.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: aplikasi pembelajaran, gamifikasi, HMSAM, kendali, metode framework gamifikasi Marczewski, ReactJS
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 20:22
Last Modified: 08 Aug 2023 05:42
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15836

Actions (login required)

View Item View Item