Pengembangan Sistem Diseminasi Informasi Layanan Polisi 110 Kepada Pejabat Satuan Wilayah Polda dan Polres melalui Aplikasi Telegram

Wangsajaya, Yosia Heartha Dhalasta (2021) Pengembangan Sistem Diseminasi Informasi Layanan Polisi 110 Kepada Pejabat Satuan Wilayah Polda dan Polres melalui Aplikasi Telegram. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (659kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong Divisi TIK Mabes Polri untuk meluncurkan berbagai inovasi, salah satunya inovasi untuk Layanan Polisi 110. Inovasi yang dilakukan adalah mengembangkan sistem diseminasi informasi laporan pengaduan dari Call Center 110 kepada pejabat satuan wilayah Polda dan Polres melalui aplikasi Telegram. Melalui chatbot Telegram, setiap petugas di lapangan bisa mendapatkan laporan pengaduan secara real-time, serta juga dapat melaporkan kejadian di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan cara mengirimkan teks, foto, video, dan dokumen kepada chatbot. Sistem diseminasi informasi ini dicanangkan dengan nama SMART-110. Selain pengembangan chatbot Telegram, SMART-110 juga membutuhkan website dashboard bagi administrator untuk kepentingan pengelolaan dan rekapitulasi data. Seluruh pengembangan sistem diseminasi informasi baik pengembangan chatbot dan website administrator dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, sedangkan pengelolaan sistem basis data menggunakan HeidiSQL. Seluruh data yang dibutuhkan untuk pengembangan sistem ditarik dari sistem basis data Layanan Polisi 110 (DB110) dengan menggunakan API CC110. Kerja magang ini bertujuan untuk mengimplementasikan seluruh inovasi yang telah dicanangkan.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Polisi, Layanan, SMART-110, Telegram, Chatbot
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 22:21
Last Modified: 25 Aug 2023 00:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15900

Actions (login required)

View Item View Item