Ferdion, Ferdion (2021) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang dengan Teknik Gamifikasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Bahasa Jepang merupakan bahasa yang digunakan oleh penduduk Jepang sebagai media komunikasi. Bahasa Jepang begitu bermanfaat untuk dipelajari dan perlu mendapat perhatian besar dari masyarakat luas, mulai dari peluang kerja hingga kenyamanan liburan. Walaupun begitu, bahasa jepang bukanlah bahasa yang mudah untuk dipelajari. Jepang memiliki tiga sistem penulisan yang berbeda,yaitu Kanji, Hiragana dan Katakana, masing-masing memiliki waktu penggunaan yang berbeda. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode gamifikasi sebagai solusi untuk mengatasi kesulitan dalam belajar bahasa Jepang tersebut. Aplikasi ini dievaluasi melalui pembagian kuesioner dengan menerapkan Technology Acceptance Model dan mendapatkan hasil bagian perceived ease of use dengan persentase sebesar 83.11% dan bagian perceived usefulness dengan persentase sebesar 83.06%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | bahasa jepang, gamifikasi, perceived ease of use, perceived usefulnes, technology acceptance model |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 18:09 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 02:43 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15942 |
Actions (login required)
View Item |