Saputra, Ricky (2021) Pengaruh Konten Instagram Starbucks terhadap Brand Image Starbucks di Masa Pandemi Covid-19. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Covid-19 telah menjadi pandemi setelah menyebar ke seluruh dunia pada awal tahun 2020. Di Indonesia sendiri, kasus pertama virus corona terjadi pada tanggal 2 Maret 2020. Pandemi ini memberikan dampak yang besar kepada berbagai aspek kehidupan karena diberlakukannya PSBB sehingga banyak pelaku bisnis dan perusahaan yang mengubah strategi komunikasi pemasarannya dengan memanfaatkan media sosial Instagram selama masa pandemi Covid-19. Starbucks adalah salah satu brand yang aktif dalam menyelanggarakan kegiatan promosi melalui Instagram. Sejak pandemi Covid-19 melanda, Starbucks Indonesia menunjukkan kepeduliannya dengan konten yang bertemakan Starbucks Cares dan #DiRumahAja. Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan eksistensi brand Starbucks di dunia digital dan menunjukkan kepeduliannya terhadap masalah sosial yang dialami. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh konten Instagram Starbucks terhadap brand image di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bersifat kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang disebar secara online kepada 206 responden dengan teknik Purposive Sampling. Kemudian data-data yang diperoleh dianalisa menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana dan hasil penelitian menyatakan bahwa konten Instagram Starbucks berpengaruh terhadap brand image sebesar 42,9%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada Starbucks dapat lebih menunjukkan empati dan mengubah kemasan yang digunakan untuk melayani konsumennya selama pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Konten Media Sosial, Instagram, Brand Image, Covid-19 |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.82 Sales Promotion 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 22:21 |
Last Modified: | 10 May 2023 00:39 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16091 |
Actions (login required)
View Item |