Yaputro, Ericko (2014) Pengembangan aplikasi 3d sculpting berbasis hand gesture recognition dengan creative interactive gesture camera. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
3D sculpting adalah salah satu cara dalam membangun sebuah obyek tiga dimensi secara virtual. Mouse dan keyboard adalah input device utama yang umumnya dipakai untuk melakukan pekerjaan 3D sculpting. Kedua input device tersebut hanya dapat dioperasikan dengan baik oleh orang-orang yang sudah cukup terbiasa dalam melakukan pekerjaan dengan komputer. Sebuah perangkat input motion sensing dapat diimplementasikan untuk mempercepat orang-orang dalam melakukan pengoperasian komputer dalam melakukan pekerjaan 3D sculpting,. Perangkat input motion sensing tersebut adalah Creative Interactive Gesture Camera, yang dapat membaca gerak-isyarat tangan (hand gesture recognition) sebagai media untuk interaksi manusia dan komputer. Aplikasi 3D sculpting dibangun sendiri oleh penulis menggunakan game engine Unity dan dikembangkan untuk menerima input dari perangkat Creative Interactive Gesture Camera. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan gerak-isyarat tangan belum dapat mempercepat pekerjaan 3D sculpting dibandingkan dengan penggunaan mouse dan keyboard. Akan tetapi, mayoritas responden berkeinginan untuk menggunakan gerak-isyarat tangan untuk melakukan interaksi dengan komputer di masa depan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 05:59 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 02:19 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1614 |
Actions (login required)
View Item |