Syabilla, Yasmine (2021) Aktivitas Self Disclosure Pengguna Aplikasi Online Dating di Era Pandemi (Studi Fenomenologi Pengguna Aplikasi Bumble di Masa Pandemi). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Dengan adanya pandemi COVID-19 yang mengharuskan setiap individu karantina diri di rumah masing-masing dan menjaga jarak antara satu sama lain maka cara individu bersosialisasi pun mengalami perubahan dan membutuhkan proses yang lebih lama. Segala aktivitas sosial dilakukan secara online termasuk pencarian calon pasangan, yang bisa dilakukan lewat aplikasi online dating, salah satunya Bumble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana seorang pengguna aplikasi Bumble memaknai hubungan yang dibangun secara online di masa pandemi dan untuk mengetahui tahap pengembangan hubungan yang dilakukan dalam proses perkenalan, serta hambatan dalam hubungan yang dialami selama pandemi. Penelitian ini memiliki jenis dan sifat kualitatif deskriptif, Dalam penelitian ini menggunakan Teori penetrasi sosial yang dikemukakan oleh West dan Tuner di mana membahas mengenai cara perkembangan hubungan serta komunikasi yang dibangun oleh seseorang, dilengkapi dengan konsep pengungkapan jati diri secara online (online self disclosure) di mana pada konsep ini membahas tentang pengungkapan jati diri yang dilakukan dalam suatu hubungan. Dengan menggunakan metode fenomenologi yaitu melihat fenomena atau sebuah kejadian nyata yang dialami oleh seseorang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para pengguna aplikasi Bumble di masa pandemi memiliki pemaknaan dan tujuan yang berbeda dalam menjalin hubungan secara online, proses pengungkapan jati diri yang dilakukan oleh para partisipan di masa pandemi cenderung lebih aktif dan lebih dalam pada prosesnya dan dikarenakan adanya pandemi tahap pengembangan hubungan untuk sampai ke tahap serius membutuhkan proses yang lebih lama. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu adanya perbedaan pemaknaan dalam menggunakan Bumble di masa pandemi, partisipan wanita sebagian besar mengatakan bahwa mereka menggunakan Bumble hanya untuk kesenangan sesaat dan mencari teman dekat, sedangkan dari partisipan laki-laki mengatakan bahwa di masa pandemi dengan menggunakan Bumble mereka mencari calon pasangan yang serius dalam berhubungan
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Bumble, Online Dating, Fenomenologi, Self Disclosure |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 16:13 |
Last Modified: | 11 May 2023 05:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16242 |
Actions (login required)
View Item |