Syahid Kalama, Satria (2021) Pengukuruan Sistem Informasi PT.Sentral Elektrik pada Domain DSS Menggunakan Framework COBIT 5. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
PT.Sentral Elektrik merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan barang elektronik dan perlengkapan elektronik lainnya, PT.Sentral Elektrik menerapkan sistem pada perusahaan mereka untuk medukung proses bisnis yang ada pada perusahaan mereka. Teknologi informasi yang ada pada PT.Sentral Elektrik, berfungsi untuk membantu proses bisnis perusahaan seperti membuat sales order, membuat purchase order, melihat ketersediaan barang yang dimiliki perusahaan, dan menyimpan data customer. Pengukuran dilakukan untuk mengetahui sudah seberapa optimal sistem perusahaan, ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi perbaikan pada sistem, agar sistem lebih optimal. Proses audit yang akan dilakukan menggunakan framework COBIT 5 sebagai acuan untuk melakukan pengukuran sistem aplikasi perusahaan. Pada COBIT 5 memiliki beberapa domain untuk melakukan pengukuran, domain yang lebih ditekankan untuk dijadikan pengukuran adalah pada domain DSS (Deliver, Service, Support), dan melakukan penilian pada subporses dari domain tersebut yaitu DSS01 (Manage Operational) dan DSS06 (Manage Business Control). Metode pengambilan data pada penelitian ini adalah wawancara dan observasi langsung dilakukan terhadap sistem aplikasi yang dimiliki perusahaan untuk melihat aktivitas yang dilakukan terkait dengan proses DSS. Dari pengukuran yang dilakukan diketahui sistem yang dimiliki oleh PT. Sentral Elektrik mendapatkan tingkat kapabilitas pada level 1 dan termasuk pada kriteria Performed Process pada bagian DSS01 dan DSS06. Meskipun begitu aktivitas aktivitas sudah dilakukan dan sudah terdokumentasi dengan cukup baik, hanya saja aktivitas yang dijalankan belum dilakukan secara keseluruhan. Untuk meningkatkan kualitas dari sistem yang ada pada perusahaan diperlukan beberapa perbaikan dari aktivitas terkait COBIT 5 diharapkan dapat melakukan aktivitas yang belum dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dari sistem aplikasi yang ada pada perusahaan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | assessment, COBIT 5, DSS (Deliver, Service, Support), PT.Sentral Elektrik iii iii |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.4 System Programming, Operating System, Computer Interface |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 14:25 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 06:11 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16250 |
Actions (login required)
View Item |