Perancangan Kampanye Sosial Mengenai Colorism

Nabilah Dwinada, Syifa (2021) Perancangan Kampanye Sosial Mengenai Colorism. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (721kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (539kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (282kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (715kB)

Abstract

Masyarakat selalu memiliki standar kecantikan yang diterima oleh sosial. Akan tetapi, standar dan pola pikir ini kerap menimbulkan beberapa kesenjangan untuk beberapa kelompok masyarakat yang tidak termasuk dalam standar kecantikan tersebut. Colorism merupakan salah satu dari permasalahan yang timbul akan standar kecantikan tersebut. Timbul dari masa kolonial dimana Indonesia dijajah oleh bangsa Eropa, masyarakat Indonesia sering kali menganggap kulit putih sebagai kulit yang lebih tinggi derajatnya dibandingkan dengan kulit berwarna gelap. Masyarakat yang berkulit gelap pun menjadi tidak menyukai bahkan membenci warna kulit mereka sendiri. Menggunakan berbagai cara untuk mengubah warna kulit mereka menjadi lebih putih. Perancangan tugas akhir ini diharapkan dapat membuat masyarakat Indonesia lebih mencintai warna kulit mereka sendiri, sehingga mereka tidak menggunakan berbagai cara untuk mengubah warna kulit mereka dan saling menghargai warna kulit setiap orang. Dalam pengerjaan tugas akhir ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif kuantitatif. Penulis menggunakan metode kualitatif berupa wawancara dan metode kuantitatif berupa kuesioner. Hasil akhir dari perancangan tugas akhir ini akan berupa kampanye sosial untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat Indonesia kepada kulit mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye Sosial, Colorism, Desain
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 17:13
Last Modified: 04 Oct 2023 01:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16310

Actions (login required)

View Item View Item