Velincia, Celine (2021) Aktivitas Public Relations PT KALBE FARMA TBK (Divisi Kalbe Ethical Customer Care). Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (251kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (667kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (26kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
PT Kalbe Farma, Tbk merupakan perusahaan swasta bidang kesehatan dan farmasi yang berkontribusi untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia dengan produk-produk kesehatannya. Terdapat empat kelompok divisi usaha yang terintegrasi, yang meliputi Divisi Usaha Obat Resep, Produk Kesehatan, Nutrisi, serta Distribusi and Logistik. Dalam Divisi Usaha Obat Resep, PT Kalbe Farma, Tbk membentuk divisi khusus dalam departemen marketing support yang bernama Kalbe Ethical Customer Care sebagai perpanjangan tangan perusahaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan dan bertujuan untuk menjadi pusat edukasi kesehatan masyarakat yang terpercaya. Pelaksanaan kerja magang dalam Kalbe Ethical Customer Care (KECC) bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu perkuliahan ke dalam dunia pekerjaan korporat professional. Selama dalam divisi partnership, peran pekerja magang adalah sebagai orang pertama dalam membina hubungan, bertugas untuk membangun relasi dan koalisi dengan baik. Dengan tugas utama partnership dengan mengimplementasikan strategi-strategi public relations, salah satunya adalah lobbying dan negosiasi. Pihak-pihak yang menjadi ruang lingkup divisi partnership antara lain adalah rumah sakit, komunitas / komunitas binaan, media, dan perusahaan lain. Selama bekerja, pencapaian yang didapatkan yaitu mendapatkan narasumber, sponsorship event, dan merchant Kalbe Family yaitu The Clinic Beautylosophy melalui strategi lobbying dan negosiasi. Berdasarkan pengalaman kerja magang, maka saran akademis yang diberikan kepada Universitas Multimedia Nusantara adalah untuk mewajibkan mata kuliah penulisan kehumasan karena sangat penting untuk dikuasai mahasiswa, terlebih untuk praktik dalam dunia pekerjaan profesional. Untuk pihak PT Kalbe Farma, Tbk khususnya Kalbe Ethical Customer Care, saran yang diberikan adalah agar membangun komunikasi internal lebih baik agar mengurangi miskomunikasi dan ketidak efektifan dalam pekerjaan.
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Keywords: | PT Kalbe Farma, Tbk, Kalbe Ethical Customer Care, Public Relations, Partnership |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 15:05 |
Last Modified: | 12 May 2023 02:58 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16389 |
Actions (login required)
View Item |