Aktivitas Public Relations PT KALBE FARMA TBK (Divisi Kalbe Ethical Customer Care)

Velincia, Celine (2021) Aktivitas Public Relations PT KALBE FARMA TBK (Divisi Kalbe Ethical Customer Care). Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (251kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (667kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (26kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

PT Kalbe Farma, Tbk merupakan perusahaan swasta bidang kesehatan dan farmasi yang berkontribusi untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia dengan produk-produk kesehatannya. Terdapat empat kelompok divisi usaha yang terintegrasi, yang meliputi Divisi Usaha Obat Resep, Produk Kesehatan, Nutrisi, serta Distribusi and Logistik. Dalam Divisi Usaha Obat Resep, PT Kalbe Farma, Tbk membentuk divisi khusus dalam departemen marketing support yang bernama Kalbe Ethical Customer Care sebagai perpanjangan tangan perusahaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan dan bertujuan untuk menjadi pusat edukasi kesehatan masyarakat yang terpercaya. Pelaksanaan kerja magang dalam Kalbe Ethical Customer Care (KECC) bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu perkuliahan ke dalam dunia pekerjaan korporat professional. Selama dalam divisi partnership, peran pekerja magang adalah sebagai orang pertama dalam membina hubungan, bertugas untuk membangun relasi dan koalisi dengan baik. Dengan tugas utama partnership dengan mengimplementasikan strategi-strategi public relations, salah satunya adalah lobbying dan negosiasi. Pihak-pihak yang menjadi ruang lingkup divisi partnership antara lain adalah rumah sakit, komunitas / komunitas binaan, media, dan perusahaan lain. Selama bekerja, pencapaian yang didapatkan yaitu mendapatkan narasumber, sponsorship event, dan merchant Kalbe Family yaitu The Clinic Beautylosophy melalui strategi lobbying dan negosiasi. Berdasarkan pengalaman kerja magang, maka saran akademis yang diberikan kepada Universitas Multimedia Nusantara adalah untuk mewajibkan mata kuliah penulisan kehumasan karena sangat penting untuk dikuasai mahasiswa, terlebih untuk praktik dalam dunia pekerjaan profesional. Untuk pihak PT Kalbe Farma, Tbk khususnya Kalbe Ethical Customer Care, saran yang diberikan adalah agar membangun komunikasi internal lebih baik agar mengurangi miskomunikasi dan ketidak efektifan dalam pekerjaan.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: PT Kalbe Farma, Tbk, Kalbe Ethical Customer Care, Public Relations, Partnership
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 15:05
Last Modified: 12 May 2023 02:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16389

Actions (login required)

View Item View Item