Pengaruh BTS dan BLACKPINK sebagai Brand Ambassador terhadap Brand Image Tokopedia

Bernando, Rico (2021) Pengaruh BTS dan BLACKPINK sebagai Brand Ambassador terhadap Brand Image Tokopedia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (298kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (47kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Oleh: Rico Bernando Latar belakang dari penelitian ini berangkat dari brand image yang menjadi salah satu faktor yang penting dalam ketatnya persaingan e-commerce di Indonesia, mengingat dengan adanya brand image yang kuat, konsumen akan cenderung menggunakan e-commerce tertentu karena cirikhas yang sudah melekat di benak mereka. Tokopedia sebagai salah satu e-commerce dengan track record baik di Indonesia memilih BTS dan BLACKPINK sebagai brand ambassador untuk membentuk dan menjaga brand imagenya. Selain Tokopedia, ada beberapa e- commerce juga yang menggunakan public figure asal Korea Selatan sebagai brand ambassadornya, yaitu Shopee yang menggunakan girl band BLACKPINK sebagai brand ambassadornya, dan Lazada yang menggandeng aktor Lee Min Ho. Jadi dapat diasumsikan bahwa penggunaan public figure Korea Selatan sebagai brand ambassador dianggap efektif dalam membentuk dan memperkuat brand image karena jumlah penggemar public figure asal Korea Selatan tersebut yang jumlahnya cukup banyak dan dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini ingin melihat adakah pengaruh yang signifikan yang diberikan oleh BTS dan BLACKPINK sebagai brand ambassador terhadap brand image Tokopedia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, bersifat eksplanatif, menggunakan paradigma positivistik, dan menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data. Survei berupa kuisioner disebarkan kepada 400 responden dengan kriteria pria dan wanita, memiliki rentang usia 18-34 tahun, pengguna Instagram, pernah berbelanja online lewat e-commerce (salah satunya Tokopedia) dan pernah melihat konten promosi Tokopedia X BTS dan Tokopedia X BLACKPINK di Instagram. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa kedua variabel independent memiliki pengaruh secara simultan sebesar 23,7%, dengan sumbangsih dimensi power dan credibility di posisi teratas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Brand Ambassador, Brand Image, E-commerce, Tokopedia, BTS
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding)
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 20:54
Last Modified: 15 Apr 2023 07:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16393

Actions (login required)

View Item View Item