Analisis tingkat penerimaan aplikasi navigasi pada generasi y menggunakan technology acceptance model dengan metode structural equation modelling

Andri, Andri (2015) Analisis tingkat penerimaan aplikasi navigasi pada generasi y menggunakan technology acceptance model dengan metode structural equation modelling. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (973kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (895kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Google Maps dan Waze merupakan 2 aplikasi navigasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna aplikasi navigasi. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa saja yang memengaruhi pengguna sehingga mereka memilih menggunakan Google Maps atau Waze. Setelah itu, penelitian ini juga membandingkan perbedaan faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan Google Maps dan Waze. Dalam melakukan penelitian ini, penulis melakukan pembelajaran studi pustaka dari jurnal-jurnal yang berkaitan, membuat model hipotesis penerimaan, membuat dan menyebarkan kuesioner, menganalisis data responden, dan akhirnya menarik kesimpulan dari analisis tersebut. Penulis membuat kuesioner dengan mengandalkan Google Form dan kemudian menyebarkannya kepada responden. Data responden valid yang didapat berjumlah 109 responden untuk Google Maps dan 108 responden untuk Waze. Data tersebut dianalisis dengan model Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan software LISREL dan SPSS. Tahap-tahap yang dilakukan dengan SEM adalah Goodness of Fit untuk menguji kecocokan model, Measurement Model yang terdiri atas uji validitas dan uji reliabilitas, dan Structural Model untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa Google Maps digunakan oleh pengguna karena adanya rasa keinginan pengguna yang dipengaruhi rasa ketertarikan pengguna untuk menggunakan Google Maps. Waze digunakan oleh pengguna karena adanya rasa keinginan pengguna yang dipengaruhi oleh tingkat kesenangan dalam menggunakan Waze, tingkat kesenangan menggunakan Waze dipengaruhi oleh kualitas yang ditawarkan Waze itu sendiri. Perbandingan antara penerimaan penggunaan kedua aplikasi navigasi tersebut mengindikasikan pengguna menggunakan Google Maps karena adanya rasa ketertarikan pengguna terhadap Google Maps, sedangkan pengguna yang menggunakan Waze merasa kualitas Waze itu sendiri yang membuat mereka menggunakan aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods
600 Technology (Applied Sciences) > 680 Manufacture for Specific Uses > 686 Printing (Incl. printing in non-Latin alphabets, typography, presswork, braille, maps, money printing)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Aug 2017 06:46
Last Modified: 13 Jan 2022 05:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1648

Actions (login required)

View Item View Item